Hadiri Musrenbang RKPD 2024, Ini Pesan Ketua Komisi II DPRD OI

57

INDRALAYA, BP – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 Kabupaten Ogan Ilir, digelar di Gedung Serbaguna KPT Tanjung Senai Indralaya, Rabu (29/03/2023). Musrenbang sendiri dibuka langsung Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H Bersama Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani S.H M.H.

Ketua Komisi II DPRD Ogan ilir Aprizal, SH mewakili Ketua DPRD Ogan Ilir Suharto HS, SH juga hadir langsung pada Musrenbang Ogan Ilir ini. Selain itu, hadir juga Forkopimda Ogan Ilir, Sekda Ogan Ilir, Ketua I TP PKK Kab. OI, Asisten Setda OI dan Staf Ahli Bupati, Instansi Vertikal OI, Seluruh Kepala Perangkat Daerah Ogan Ilir, dan Camat Ogan Ilir.

Baca Juga:  Bupati OI Melantik 61 Pejabat Eselon

Ketua Komisi II DPRD Ogan Ilir Aprizal, SH menyampaikan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ogan Ilir dua tahun ini dari tahun 2021 sampai tahun 2022 masih stagnan.

Namun kini pandemi Covid-19 telah berakhir. Ia yakin dengan telah bergeraknya roda perekonomian dan pemerintahan telah kembali berjalan normal, pada tahun 2023 nanti PAD bakal lebih baik lagi dari sebelumnya.

Anggota Dewan yang berasal dari Partai Bulan Bintang ini juga menyebut, jika Musrenbang yang sedang digelar sesuai dengan peraturan yang ada.

Baca Juga:  Karyawan SPBU Keroyok Warga

”Berawal dari RKPD yang akan disusun maka PAD Kabupaten Ogan Ilir dapat dimaksimalkan potensinya, baik itu melalui retribusi maupun pajak, akan dapat menggali lebih lagi untuk sumber potensi PAD Kabupaten Ogan Ilir lainnya,” terangnya.

Dia melanjutkan, pihak legislatif dan eksekutif telah menyepakati Perda tentang pajak dan retribusi daerah guna meningkatkan PAD Kabupaten Ogan Ilir.

Sementara itu, Bupati Panca Wijaya Akbar menyampaikan Penyelenggaraan Musrenbang merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024.

“Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir berkewajiban untuk melaksanakan penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang berfungsi sebagai landasan yuridis dan operasional dalam penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan tugas-tugas pembangunan,” ucapnya.

Baca Juga:  Serba 9.000, Manjakan Lidah Pelanggan Sensasi Minang

“Kepada semua pihak untuk memberikan perhatian khusus dalam penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2024 baik pemilihan presiden, pemilihan legislatif, maupun pemilihan kepala daerah, hal ini menjadi suatu upaya dalam meningkatkan kualitas demokrasi electoral.” terangnya.

Bupati Panca Wijaya Akbar berharap, pihak terlibat dapat menyerap aspirasi seluruh stakeholder, sehingga arus utama pemikiran perencanaan pembangunan yang digulirkan oleh pemerintah dapat dipaduserasikan dengan aspirasi yang berkembang diberbagai lapisan masyarakat. #rel

Komentar Anda
Loading...