Efek Anies Baswedan, Elektabilitas Parpol Terdongkrak

195
JAKARTA, BP – Elektabilitas partai politik (parpol) pendukung Anies Baswedan terdongkrak setelah mengusung bakal calon presiden Anies Baswedan untuk pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.
Hal ini terungkap dari hasil survei nasional Trust Indonesia Research and Consulting terbaru yang menunjukkan pengusungan Anies Rasyid Baswedan menjadi Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 oleh Koalisi Perubahan memberikan efek ekor jas bagi elektabilitas parpol pengusung Anies.

 

Direktur Eksekutif Trust Indonesia Research and Consulting Azhari Ardinal dalam keterangan tertulisnya menyebut, dua partai pengusung Anies yaitu Partai NasDem dan Demokrat  sudah mendapatkan dampak positif kenaikan elektabilitas, untuk PKS  belum mendapat efek ekor jas dari hasil survei yang dirilis Trust Indonesia kali ini.

Baca Juga:  Peduli Dengan Palestina, Ratusan Massa Organisasi Singo Jalanan Datangi DPRD Sumsel

 

“Hasil survei membuktikan, temuan  efek ekor jas (coat tail effect) hanya menguntungkan  partai yang   menyatakan dukungannya terhadap satu calon presiden (Capres),” kata Azhari dikutip dari KBA News  Minggu (26/2/2023).

 

Ia menjelaskan, jika melihat tren elektabilitas, efek ekor jas berhasil mengerek suara Partai NasDem sebesar 3,4 persen. Lalu   efek ekor jas juga berhasil menaikkan suara Partai Demokrat sebanyak 0,1 persen.

Baca Juga:  Pilpres 2024, Pemilih Pemula Palembang Sudah Punya Pilihan

 

Menurutnya,  perbedaan dampak hasil efek ekor jas tersebut sangat berkaitan erat dengan masifnya manuver kampanye Partai NasDem dalam mendukung pencapresan Anies Baswedan.

 

Untuk diketahui, Trust Indonesia Research & Consulting di awal tahun 2023 ini telah  melakukan Survei Nasional pada tanggal 28 Januari – 6 Februari 2023 secara offline (tatap muka).

 

Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 2.200 responden yang diambil secara proporsional berimbang (50:50) laki-laki dan perempuan berdasarkan basis tempat pemungutan suara (TPS) by name, by address.

 

Baca Juga:  Asrul Indrawan Dapat Dukungan dari Adik Kandung Mantan Gubernur Sumsel, Maju Jadi Bakal Calon Ketua Koni Sumsel

Populasi survei ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI)  berdomisili di 38 Provinsi dan telah mempunyai hak pilih, yaitu berusia 17 tahun keatas (memiliki KTP setempat) atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

 

Pengambilan sampel menggunakan metode multistage sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,09% pada tingkat kepercayaan 95%.#gus

 

 

Komentar Anda
Loading...