Bukan Kardus, PKS Usul Kotak Suara Pemilu 2024 Diganti Flexiglass 

160
JAKARTA, BP – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan kotak suara pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang jangan berbahan kardus namun  bahan flexiglass.
Ketua DPP PKS yang juga Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, kotak suara kardus untuk pemilu memunculkan persepsi negatif di kalangan masyarakat. Jika alasannya terkait anggaran, maka menurutnya harus diperjelas karena alokasi anggaran untuk pemilu 2024 mencapai Rp 76 Triliun.
Sehingga Ali mengusulkan mengganti rencana penggunaan bahan kardus dengan flexiglass.  “Mestinya kotak suara yang lebih kokoh, bisa dengan flexiglass transparan dan kokoh,” kata Ali kepada wartawan, Rabu (29/12/2022).
Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menggunakan kotak suara berbahan kardus untuk pemilu 2024 mendatang.  Komisioner  KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan, KPU mempertimbangkan menggunakan  kotak suara untuk  Pemilu 2024 berbahan karton duplexs kedap air seperti di Pemilu 2019.
Yulianto menyebut spesifikasi barang akan diperkuat  lebih kokoh dan tidak mudah rusak. Pertimbangan menggunakan bahan kardus adalah efisiensi anggaran Pemilu 2024 dan  karena  gudang tempat penyimpanan kotak suara  yang terbatas.
Setelah pemilu 2024 usai, pihaknya akan melelang kotak suara kardus tersebut yang selanjutnya uang hasil lelang  disetorkan lagi ke negara.#gus  
Baca Juga:  Musda  Ke 5 PKS kota Palembang Digelar 27 Desember
Komentar Anda
Loading...