Panglima TNI Buka Latma Super Garuda Shield 2022 di OKU Timur

30
TNI menggelar kegiatan latihan bersama (Latma) di Puslatpur, Martapura OKU Timur, Sumsel. Latma Super Garuda Shield 2022 ini diikuti 13 negara dengan total 5.069 personel militer yang terlibat.(BP/IST)

Palembang, BP- TNI menggelar kegiatan latihan bersama (Latma) di Puslatpur, Martapura OKU Timur, Sumsel. Latma Super Garuda Shield 2022 ini diikuti 13 negara dengan total 5.069 personel militer yang terlibat.

Latihan sekali ini melibatkan personel angkatan darat, angkatan Laut dan angkatan udara dari setiap negara yang mengikuti kegiatan ini. Latma Super Garuda Shield 2022,  berlangsung  dari 3 sampai 14 Agustus 2022.

Baca Juga:  Rudi Irawan Pimpin IKA FISIP UNSRI

Super Garuda Shield 2022 dibuka Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama Comanding General US Army Pacific Command General Charles A Flynn di Puslatpur Martapura, OKU Timur, Sumsel  Rabu (3/8).

Negara yang ikut dalam Latma tahun ini yakni Indonesia sebagai tuan rumah, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Jepang, Singapura, Prancis, Inggris, Papua Nugini, Timor Leste, India, Kanada dan Korea Selatan.

Garuda Shield merupakan latihan bersama tahunan antara TNI dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) yang dirancang untuk memperkuat interopabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade.

Baca Juga:  Rogayah Ditipu Cek Kosong

Panglima TNI Jenderal Andika menjelaskan, kali ini dengan melibatkan 13 negara sebagai peserta berbeda dengan latihan sebelumnya yang hanya dua negara.

“Ada yang berpartisipasi dalam mengerahkan kapal di antaranya Singapura dan Amerika, ada juga pesawat udara dari Amerika. Pasukan dari Australia, Jepang dan ada juga pasukan beladiri ikut terjun,” katanya.

Baca Juga:  6 Pelaku Pengeroyokan Tivak di Amankan

Dia menambahkan untuk senjata dan Alutsista yang digunakan TNI (AV-LMU (Astros), AV RMD, AV PCC, AV Mateo, AV UCF, AV OFVE, Meriam 105 KH 178, Reo, Heli AH-64 dan berbagai alutsista canggih lainnya.#osk

 

 

Komentar Anda
Loading...