HUT Palembang Ke 1.337 Tanpa Perayaan

13

 

BP/IST
Harnojoyo

Palembang, BP

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, hari jadi Kota Palembang ke-1.337 yang jatuh pada hari ini, Rabu (17/6) diperingati tanpa adanya perayaan besar. Hari jadi setiap tanggal 17 Juni terlihat biasa saja karena adanya pandemi Covid-19.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus mempercepat penanganan Covid-19 karena baru saja menyelesaikan Pembatasan Sosial Berskala Besar tahap kedua yang berakhir 16 Juni 2020.

Baca Juga:  Indonesia Raih 1 Emas, 1 Perak, dan 1 Perunggu dari Panjat Tebing

“Tahun ini tidak ada seremoni peringatan hari jadi yang ke-1.337, tapi kami mengajak mari kita bermuhasabah dengan apa yang telah sama-sama diperbuat dan dicapai,” kata Harnojoyo. Rabu (17/6).

Menurut dia, momen hari jadi tersebut harus dijadikan pemicu agar penyebaran Covid-19 segera terputus dan beragam kegiatan sosial, ekonomi serta budaya dapat kembali normal.

“Meski kondisi saat ini masih serba terbatas saya yakin pembangunan infrastruktur dan realisasi berbagai program tetap berjalan untuk menyokong pertumbuhan ekonomi tetap on target,” katanya.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Setujui Penambahan 2 Raperda Dalam Propemperda tahun 2023

Harnojo menambahkan, pertumbuhan ekonomi Kota Palembang pada sisa semester II 2020 diprediksi masih dapat tumbuh sampai 4,9 persen. Sebab pada triwulan II pertumbuhan ekonomi sudah melebihi 4 persen.

“Optimisme pertumbuhan ekonomi itu akan tercapai dengan peran serta masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, sehingga kegiatan produktif tetap berjalan namun keselamatan juga diutamakan,” katanya.

Baca Juga:  Upacara HUT Ke 74 Kemerdekaan RI di Kodam II Swj Khidmat

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Palembang, Isnaini Madani mengatakan, perayaan hari jadi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia biasanya setiap tahun diisi dengan berbagai festival dan parade bidar hias di Sungai Musi yang menyedot puluhan ribu pengunjung.

“Tetapi tahun ini tidak ada kegiatan perayaan, acara-acara semua terpaksa batal, kalender kegiatan tidak terlaksana karena Covid-19 dan kondisi memang tidak memungkinkan,” kata Isnaini.#osk
.

Komentar Anda
Loading...