Nahkoda Kapal Tugboat Jasa Karya Tenggelam Ditemukan Meninggal

27
Pengagkatan jenasah (BP/IST)

Palembang, BP-Tim gabungan dari SAR, Basarnas, TNI dan Polri menemukan jasad Doris (50), seorang nahkoda kapal Tugboat Jasa Karya yang tenggelam di perairan Sungai Musi, pada Selasa (26/12) pagi, sekitar pukul 10.00 WIB.

Korban berhasil ditemukan pada hari kedua pencarian dengan melakukan penyisiran di permukaan sungai Musi dan penyelaman dengan menggunakan RIB 02 Kn SAR Setyaki, Landing Craft Rubber (LCR) milik Basarnas dan peralatan Aqua Eye, serta perahu nelayan masyarakat setempat.

Kepala Basarnas Palembang, Raymond Konstantin, melalui Kasi Operasi Basarnas Palembang, Mancarawanto, membenarkan korban berhasil ditemukan oleh tim penyelam sejauh 50 meter dari lokasi kejadian awal tenggelamnya kapal, dalam keadaan meninggal di dalam kemudi kapal tugboat.
“Jasad korban kami evakuasi ke ambulance dan dibawa ke RS Bhayangkara Palembang. Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan ditutup dan unsur gabungan dikembalikan ke satuan masing-masing,” ungkap Mancarawanto.

Baca Juga:  Dishub Minta Kuota Taksi Online Dipenuhi

Tak lupa juga Mancarawanto mengimbau untuk kapal maupun Tugboat ataupun masyarakat yang beraktivitas di sungai agar memperhatikan Safety, memakai alat pelindung diri untuk menjaga keselamatan agar kejadian tersebut tidak terulang lagi.

Diberitakan sebelumnya, kantor Basarnas Palembang menerjunkan personelnya guna melakukan pencarian terhadap Doris Kapten kapal Tugboat Jasa Karya yang tenggelam usai Tugboat nya ditabrak Tugboat Jaya Pasifik di perairan Sungai Musi dekat pelabuhan rakyat Sungai Lais, pada Senin (25/12) sekitar pukul 09.10 WIB.

Baca Juga:  Pemberhentian 6 Anggota DPRD di Sumsel 'Clear'

Kronologis kecelakaan air ini berawal saat kapal Tugboat Jasa Karya berlayar dari Sungai Baung menuju perairan Gandus yang berbarengan dengan kapal Tugboat Karya Pasifik.

Karena posisi berdampingan dan di depannya ada kapal logistik yang sedang berlabuh berjangkar di perairan Pelabuhan rakyat Sungai Lais, saat kapal Tugboat Karya Pasifik hendak memotong haluan kapal Tugboat Jasa Karya namun karena sudah terlalu dekat sehingga menyebabkan kapal Tugboat Karya Pacific tersenggol lalu terbalik dan tenggelam.
Dari peristiwa itu, sebanyak tiga kru dan satu nahkodanya tenggelam.

Baca Juga:  Ini Alasan, Lina Mukherjee Terlapor Dugaan Penistaan Agama Mangkir dari Panggilan Polda Sumsel

 

Namun tiga kru kapal berhasil selamat dan nahkoda kapal terjebak di dalam ruang kemudi hingga tak berhasil diselamatkan. Identitas dari tiga kru adalah Harwan (44), Safik (27), Rudi (28) sementara nahkodanya yang hilang adalah Doris (50). # udi

Komentar Anda
Loading...