Tak Lolos Pemilu, Prima Demo KPU

49

JAKARTA, BP – Karena dinyatakan tak lolos menjadi peserta pemilihan umum (pemilu) 2024, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) berencana menggelar aksi demonstrasi dengan ribuan massa ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Kamis (8/12) pagi.

Aksi juga direncanakan digelar di berbagai provinsi di Indonesia.

“Iya, besok akan ada demo besar-besaran Partai Prima di pusat Jakarta,” kata Jaimarta Ketua Prima Sumsel, Jaimarta SIP, kepada BeritaPagi Rabu (7/12).

Ia mengatakan, tak hanya di Prima pusat Prima di beberapa provinsi lainnya juga akan menyusul menggelar demo di daerah masing-masing. “Daerah lain menyusul seperti Papua, Makassar, Lampung, Banten dan lainnya,” ucap dia.

Baca Juga:  Pemekaran Palembang Ulu Siap Deklarasi

Lalu bagaimana dengan Prima Sumsel kapan rencana menggelar demo ? Jaimarta mengaku Prima di Sumsel
tidak melakukan demo. “Sumsel tidak demo karena Sumsel dinyatakan MS (memenuhi
syarat)” katanya.

Tak hanya memenuhi syarat, Jaimarta mengatakan berdasarkan informasi dari Prima pusat, Prima Sumsel menjadi DPW (dewan perwakilan wilayah) yang paling solidaritas.

Sebelumnya, Ketua Umum Prima Agus Jabo Priyono di kantor DPP Prima, Jakarta Pusat, Selasa (6/12) mengatakan, Prima akan menggelar demo besar-besaran pada Kamis (8/12) di kantor KPU dipimpin DPD Prima Jakarta, karena Prima dinyatakan tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Baca Juga:  Imam Resmi Nahkodai DPC PPP Palembang

Prima menilai KPU RI tidak bekerja profesional memverifikasi partai calon peserta pemilu, KPU tidak demokratis, tidak terbuka dan melanggar UU Pemilu.

Sehingga pihaknya akan melakukan gerakan massa menekan KPU.

Menurut Jabo, demonstrasi ke kantor KPU di daerah juga akan digelar di sejumlah provinsi, demonstrasi ini akan terus dilakukan sampai tuntutan Prima dilaksanakan KPU.

Adapun tuntutan Prima adalah menghentikan proses pemilu sampai KPU diaudit dan membuka data semua partai politik yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 kepada rakyat.

Baca Juga:  Maknai Hari Sumpah Pemuda, Giri Ajak Pemuda Terus Bersatu Bangun Indonesia

“Supaya asas keadilan, keterbukaan dan asas demokrasi bisa dipertanggungjawabkan,” ucap aktivis ‘98 ini. Ia menegaskan, keputusan Prima menggelar aksi karena merasa diperlakukan tidak adil KPU RI dan terhambat oleh persoalan teknis yakni buruknya Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Kita ‘dibunuh’ di tengah jalan oleh KPU, kita tidak ikhlas, kita tidak terima,” kata Jabo.

Sedangkan, Juru Bicara DPP Prima Farhan Abdillah Dalimunthe mengungkapkan, rencananya aksi demonstrasi digelar Kamis (/8/12) pagi dan akan diikuti 11 ribu orang berasal dari semua wilayah di Jabodetabek. #gus

Komentar Anda
Loading...