Ultimate magazine theme for WordPress.

Ini Tanggapan DPRD Sumsel Terkait Anggaran Pilgub Sumsel Rp 359 Miliar

Antoni Yuzar (BP/DUDY OSKANDAR)

Palembang, BP- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) resmi mengajukan anggaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang sebesar Rp 359 miliar.
Hal ini terungkap saat KPU Sumsel melakukan rapat koordinasi dengan komisi I DPRD Sumsel, Senin (1/8).
“Jadi hari ini, kami dipanggil komisi satu DPRD Sumsel, dalam rangka membahas anggaran Pemilihan Gubernur yang kita ajukan,” kata Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin ketika di temui di DPRD Sumsel.
Pada tahap awal dianggaran APBD Sumsel tahun 2022, alokasi yang disetujui Komisi I DPRD Sumsel sebesar Rp 30 miliar, yang diperuntukan untuk sosialisasi.
“Prinsipnya, anggaran sosialisasi tahun 2023 yang diajukan senilai Rp 30 miliar, dari total anggaran Rp 359 miliar disetujui,” kata Amrah Muslimin.
Amrah menerangkan, jika nantinya pembahasan anggaran Pilkada Gubernur Sumatera Selatan tahun 2024 nanti akan kembali dibahas bersama untuk bisa dialokasikan di APBD Sumsel.
“Jadi untuk tahun anggaran 2023, kami mengusulkan kepada pemerintah provinsi Sumsel dan DPRD Provinsi SUmsel, alokasi anggaran dari APBD sebesar RP 30 miliar. Sisanya nanti dianggaran APBD tahun 2024,” jelasnya.
Dia juga menjelaskan anggaran Rp 30 miliar ini sendiri kegunaannya untuk sosialisasi kemudian untuk honor, pemeriksaaan kesehatan bagi calon penyelenggara pemilu, yakni calon PPK dan PPS.
“Nah, untuk anggaran tahun 2024 pada tahun anggaran 2023 akan dibahas kembali alokasi sisa anggaran dari Rp 30 miliar tadi, ” paparnya
Amrah juga berharap dari angka Rp 359 miliar itu, KPU Provinsi dalam hal ini APBD Provinsi Ssmsel, sudah mensharing atau membantu KPU kabupaten kota, sebesar Rp 224 miliar.
Dimana Rp 224 miliar digunakan untuk membayar honor PPK, honor secretariat PPK, honor PPS dan honor secretariat PPS.
“Jadi kalau direalisasaikan akan mengurangi anggaran yang dibutuhkan KPU kabupaten kota,” katanya.
Ketua komisi I DPRD Sumsel Antoni Yuzar, menyatakan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh KPU Provinsi Sumsel.
“Benar untuk alokasi anggaran tahun 2023 nanti berupa sosialisasi senilai RP 30 miliar kita dukung. Bahkan akan kita ajukan secepatnya kepada pemerintah provinsi Sumsel, dalam hal ini Gubernur,” katanya.
Antoni juga menambahkan untuk alokasi selanjutnya yakni senilai Rp 329 miliar, tentu akan dibahas pada anggaran tahun 2023 nantinya.
“Untuk Rp 30 miliar anggaran sosialisasi, tentu kita aplaus dan kita dukung. Mengingat jalannya sosialisasi memang sudah harus terjadwal. Sedangkan untuk anggaran selanjutnya atau anggaran sisa Rp 329 miliar, kita harus duduk satu meja terlebih dahulu. Nantinya selain KPU, pemerintah provinsi SUmsel juga DPRD akan duduk satu meja membahas sisa anggaran dalam rangka menuju pemilu 2024 yang akan datang,” katanya.#osk

Baca Juga:  Peletakan Batu Pertama, Puan: Jadikan Kantor DPC PDIP Morotai Sebagai Rumah Rakyat

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...