Ultimate magazine theme for WordPress.

PP Srikandi  TP Sriwijaya , SMB IV dan Dinsos Sumsel  Dukung Ratu Sinuhun Jadi Pahlawan Nasional

Pengurus Pusat (PP) Srikandi Tenaga Pembangunan  (TP) Sriwijaya menggelar Forus Group Discuss (FGD)  tentang Ratu Sinuhun Sebagai Pahlawan Perempuan Sumbagsel  diruang Diklat Kantor Perwakilan  BKKBN Provinsi Sumsel, Jumat (24/6).(BP/Dudy Oskandar)

Palembang, BP- Pengurus Pusat (PP) Srikandi Tenaga Pembangunan  (TP) Sriwijaya menggelar Forus Group Discuss (FGD)  tentang Ratu Sinuhun Sebagai Pahlawan Perempuan Sumbagsel  diruang Diklat Kantor Perwakilan  BKKBN Provinsi Sumsel, Jumat (24/6).

Hadir diantaranya Ketua Umum Srikandi Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya  Nyimas Aliah SE M. Ikom, Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn ,  Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel Mirwansyah, Saudi Berlian dari Universitas Sumatera Selatan (USS), Kemas Ari Panji dari UIN Raden Fatah Palembang, pelukis Ratu Sinuhun ¸Marta , Perwakilan Tenaga Pembangunan  (TP) Sriwijaya Sumsel Ahmad Fauzan SH MH , Zuriat  Bangsawan Palembang Darussalam Kemas Sofyan, Masagus Sofyan, Dosen Universitas Pancasila yang juga pakar gender dan dewan pakar di Srikandi Pembangunan Sriwijaya Dr Kunti Tridelianti, dari kementrian Sosial Dra Septi Eliza Msi, perwakilan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak.

Baca Juga:  Gedung Baru UT Palembang Diresmikan

Ketua Umum Srikandi Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya  Nyimas Aliah SE M. Ikom  mengatakan, keinginan mengangkat pahlawan perempuan dari Sumsel Ratu Sinuhun terungkap ketika saat bertugas di Kementrian Pemberdayaan Perempuan .

“ Di Lantai 11 itu ada poto-poto pahlawan  perempuan ada dari Malukum Aceh, Sumatera Barat tapi tidak ada dari Sumatera Selatan, padahal seharusnya ada, nah dari sanalah kulo bertekat dan kita harus perjuangkan  , harus ada pahlawan perempuan dari Sumbagsel karena memang ada ternyata apa yang dibuat Ratu Sinuhun jauh sebelum lahirnya RA Kartini dan apa yang dilahirkan karya besar oleh Ratu Sinuhun mendapat pengakuan dari Kementrian  Pemberdayaan Perempuan dimana sejak tahun 1984 melahirkan UU Perlindungan Perempuan, padahal tahun 1816 sudah ada,” katanya.

Baca Juga:  Mobil Ferrari Sitaan Negara Berhasil di Lelang

Karena itu menurutnya ini harus menjadi kebanggaan dan harus jadi baromater sangat kuat.

Sehingga pihaknya secara mendadak menggelar FGD ini guna mendapatkan informasi terkait sosok Ratu Sinuhun  dari berbagai kalangan di Palembang.

Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja, menegaskan  Ratu Sinuhun layak untuk dijadikan pahlawan nasional.

“ Karena nilai-nilai yang ada dalam Undang-Undang Simbur Cahaya  masih terasa di Sumsel dan di daerah uluan itu nilai-nilainya masih ada yang melaksanakan,” katanya.

Karena itu menurut SMB IV kedepan perlu adanya penguatan-penguatan untuk memenuhi kreteria daripada Dinas Sosial Sumsel mengangkat Ratu Sinuhun menjadi pahlawan nasional yang akan juga dimulai dengan pahlawanan lokal Sumsel  dahulu  atau juga menjadi pahlawan nasional atau bersamaan.

Baca Juga:  Gubernur Minta Palembang Terapkan CCTV Makassar

“ Kita dorong pahlawan lokal dan nasional  dan mungkin kalau dari tim kita bukan hanya Ratu Sinuhun  kita mencoba pahlawan dari daerah-daerah lain,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel Mirwansyah mendukung upaya  Pengurus Pusat Srikandi Tenaga Pembangunan  (TP) Sriwijaya mengusulkan Ratu Sinuhun sebagai pahlawan nasional termasuk membantu dengan menggunakan dana APBD Sumsel 2023 mendatang .

Kalaupun memang tidak menjadikan pahlawan  nasional , pihaknya sudah menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pahlawan daerah.

“ Itu yang  dapat kita angkat lebih maksimal  daripada pahlawan nasional ,” katanya.#osk

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...