Ultimate magazine theme for WordPress.

Peringatan HKG PKK Dibuka PLH Bupati OKU

Baturaja, BP – PLH Bupati OKU H Teddy Meilwansyah menghadiri acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan sekaligus membuka secara resmi Rapat Konsultasi Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu Tahun 2022 Bertempat di Gedung Kesenian Baturaja, Jumat (20/5/2022).

Sambutan Ketua Umum Tim Pengerak PKK Pusat yang dalam hal ini disampaikan oleh PLH TP. PKK Kabupaten OKU Hj. Zwestie Karenia Teddy mengatakan gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerjasama.

Adapun tema yang diangkat pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 yakni, “Berbakti untuk Bangsa Berbagi untuk Sesama”.

Selain itu, momentum Peringatan HKG-PKK kali ini juga harus mampu kita daya gunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program.

Untuk melakukan hal itu, sudah ada instrumen manajemen kelembagaan dan program sebagaimana kita sepakati bersama dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX PKK Tahun 2021.

Sesuai dengan kesepakatan Hasil Rakernas IX, maka saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan Tim Penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang. Hal ini menjadi penting, karena pada hakekatnya program-program PKK dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran, ketika itu semua dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang juga baik.

Baca Juga:  Korban Kebakaran Terima Bantuan dari Pemkab OKU

Saya senantiasa mendorong agar ada nuansa pembaharuan dalam Gerakan PKK, jangan monoton, dan harus ada keselarasan gerak dengan kebijakan Pemerintah. Oleh karena itu saya mengharapkan agar momentum Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tahun 2022 ini, menjadi titik tolak kita untuk memompa semangat pembaharuan kita dengan mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas kita dalam pemberdayaan keluarga dalam arti luas.

Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK.

Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah haruslah mampu menyelaraskan dengan kebijakan Program Pemerintah. Pola pendekatan penggerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan, merupakan modal sosial yang sungguh besar artinya.

Baca Juga:  Universitas Tridinanti Palembang, Kampus Pertama di Sumsel Gelar Vaksin Booster

Oleh karena itu pula, maka Gerakan PKK sesungguhnya merupakan potensi pembangunan bagi bangsa Indonesia. Dan dengan memahami serta menyadari atas potensi yang kita miliki itulah yang kemudian senantiasa harus kita pelihara, kita kembangkan, dan kita gelorakan secara terus menerus.

Dalam sambutannya, PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Sekaligus membuka secara resmi mengatakan selaku pimpinan daerah saya mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tingkat Kabupaten OKU, dan selamat melaksanakan Rapat Konsultasi PKK Tahun 2022.

Teddy Meilwansyah juga menyampaikan bahwa melalui peringatan hari kesatuan gerak PKK ke-50, agar gerakan PKK kembali pada Ruh-nya yakni, sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Oleh karena itu, kesejahteraan keluargalah yang menjadi fokus perhatian dan harus diberdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat.

Baca Juga:  Tinjau Longsor, PLH Bupati OKU Berikan Bantuan kepada Para Korban

Selama 50 tahun gerakan PKK, tentunya banyak hal yang telah dilakukan, baik dari dinamika perjalanan PKK selama ini bisa menjadi bahan bagi kita semua.

Upaya pemberdayaan keluarga itu perlu dilakukan dengan pendekatan cipta karya dan rasa yaitu dengan hati dan niat yang tulus. Beliau berharap bahwa peringatan ini tidak hanya semata-mata sebagai acara seremonial dan kegiatan rutin tahunan saja, tetapi membawa semangat dan energi baru bagi setiap langkah gerakan PKK.

Teddy Meilwansyah juga berharap melalui peringatan Hari Gerakan Kesatuan PKK yang dirangkaikan dengan Rakon PKK ini, juga dijadikan sebagai sarana konsolidasi dan sharing terkait isu-isu aktual, untuk kemudian dituangkan pada program tiap Pokja PKK.

Potensi inilah yang saya amati menjadi kelebihan PKK, sebagai mitra strategis Pemerintah daerah. #yan

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...