Ultimate magazine theme for WordPress.

Ust  Muhamad Setiawan, S.H Pimpin Lembaga Lajnah Falakiyah PCNU Palembang

Palembang, BP- Ketua Umum PCNU kota Palembang K.H. Hendra Zainuddin mengundang Ust. Muhamad Setiawan, S.H (Cek Wan)  ke kediamannya di Kampus C Pondok Pesantren Aulia Cendikia Talang Jambe Palembang, guna membincangkan kemajuan Nahdlatul Ulama di Palembang kedepannya, Jumat (22/4).

 

Sebelumnya K.H. Hendra Zainuddin, M. Pd. I terpilih secara aklamasi pada Konferensi Cabang (Konfercab) Ke-X Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Palembang yang digelar di Ponpes Aulia Cendikia pada Februari lalu.

 

Dan pada bulan April ini beberapa hari yang lalu SK Penetapan PCNU Kota Palembang sudah diterbitkan oleh PBNU di jakarta dan sahlah pengurus PCNU Kota Palembang periode 2022-2027 di bawah pimpinan Ketua Umum Tanfidziyah K.H. Hendra Zainuddin Al-Qodiri, M.Pd.I.

 

Setelah sah dan resmi secara kultur dan struktur menjadi Ketua Umum PCNU Kota Palembang, K.H. Hendra Zainuddin segera membentuk Lembaga-Lembaga dan Lajnah di bawah PCNU Kota Palembang, seperti Lembaga Bahtsul Masail, Lembaga Dakwah, Lembaga Ta’lif Wan Nasyr, Lembaga Falakiyah, dan masih banyak lagi Lembaga lainnya mengikuti formatur di PBNU pusat.

Baca Juga:  DPD Forum Bangso Batak Indonesia Sumsel Berbagi 100 APD dan Sembako di Sejumlah Panti Asuhan

 

Dalam silaturahmi tersebut dibahas mengenai Nahdlatul Ulama dan kemajuannya di masa depan, khususnya mengenai Pembentukan Lembaga-Lembaga di PCNU dan penunjukan tokoh-tokoh yang akan diamanahi untuk memimpin Lembaga-Lembaga tersebut.

 

Dalam pertemuan tersebut K.H. Hendra Zainuddin mengamanahkan  Ust. Muhamad Setiawan, S.H.untuk memimpin dan menjadi Ketua Lembaga Falakiyah yakni salah satu Lembaga yang ada di bawah PCNU Kota Palembang yang khusus mengkaji dan mensosialisasikan ilmu Falak atau Ilmu Astronomi yang sangat berguna bagi Umat Islam saat ini, sayangnya ilmu Falak ini sudah banyak ditinggalkan dan tidak dipelajari oleh Umat Islam pada umumnya, kalangan pondok pesantren dan sekolah Islam pun banyak yang tidak mencantumkan dan tidak mempelajari ilmu ini, termasuk di IAIN (sekarang UIN) Raden Fatah Palembang pun hanya Fakultas Syariah dan Hukum yang mempelajarinya, selebihnya tidak ada.

Baca Juga:  AHY Nilai Swing Votter Masih Tinggi Di Pileg Dan Pilpres

 

“Ilmu Falak ini sudah sangat minim di pelajari saat ini, hanya kalangan akademisi Islam tertentu saja, karena digunakan pada situasi tertentu saja, padahal ilmu falak sangat luas cakupannya, tidak hanya sebatas menghitung waktu sholat Imsakiyah, menghitung awal bulan Syamsiyah dan Qomariyah, mengukur arah kiblat, membuat jam matahari, atau menghitung kejadian dan momen lainnya seperti gerhana dan lain sebagainya, akan tetapi lebih dari itu, karena ilmu falak sangat kamil dan syamil, “ Kata Cek Wan.

Menurut Cek Wan, program kerja pokok kedepannya di Lembaga Falakiyah PCNU Kota Palembang ini yaitu sosialisasi dan pelatihan ilmu falak di berbagai ponpes di Palembang serta nantinya pelatihan dan sosialisasi tersebut juga akan kita lakukan di berbagai masjid dan musholla di Palembang.

Baca Juga:  STP Percepat Pengembangan Peternakan dan Pertanian

“Di samping agenda pokok tersebut kita juga nantinya akan membuat kajian akademik tentang falak serta kegiatan hisab dan ru’yat semampunya,” katanya.

Setelah penunjukan maka ketua Lembaga Falakiyah akan menyusun formatur organisasi, selanjutnya ketua PCNU Kota Palembang akan membuatkan SK resminya dan akan segera di kukuhkan pelantikannya. Setelah nya barulah proker resmi Lembaga Falakiyah akan mulai di jalankan.

“Kita akan lengkapi formatur organisasi Lembaga Falakiyah ini dengan para ahli dan pakar falak lulusan Fakultas Syariah dan Hukum serta ahli dan pakar astronomi dari lulusan ilmu Astronomi umum. Kita semua akan bahu membahu untuk membesarkan dan memajukan Nahdlatul Ulama di Kota Palembang melalui PCNU Kota Palembang ini di berbagai bidang,” kata  K.H. Hendra Zainuddin.

Sedangkan Hendra Zainuddin membenarkan hal tersebut.

“ Benar tapi belum SK,  baru lisan,” kata Hendra melalui pesan Whatapps, Sabtu (23/4).#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...