Ultimate magazine theme for WordPress.

PKS Sumsel Hadirkan Ahli, Edukasi Perihal Pandemi

PKS Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar webinar yang membahas tentang perkembangan terkini Pandemi covid-19 di Sumsel pada Sabtu (26/3) (BP/IST)

Palembang, BP- PKS Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar webinar yang membahas tentang perkembangan terkini Pandemi covid-19 di Sumsel pada Sabtu (26/3) melalui pertemuan secara online, menghadirkan tiga pembicara dari unsur yang berbeda, yakni H. Mustafa Kamal, S.S, anggota DPR RI fraksi PKS, Dr. Iche Andriyani Liberty, S.KM, M.Kes, Tim Ahli epidemiologi, satgas penanganan covid-19 Sumsel dan dr. Harun Hudari, Sp.PD, KPTI. FINASIM, dokter spesialis penyakit dalam, konsultan penyakit tropis dan infeksi, dimoderatoti oleh tokoh muda sumsel, Aris Gunawan, M. Kes.

Kegiatan ini juga dihadiri ratusan partisipan yang berasal dari dalam dan luar provinsi Sumsel.

Taufik Hidayat, Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial DPW PKS Sumsel mengatakan,  PKS Sumsel memberikan perhatian khusus terhadap pandemi, sejak awal mula wabah terjadi dengan membentuk satgas disetiap level, penanganan pencegahan dan pengobatan, penghimbauan pelaksanaan vaksinasi, termasuk program mengedukasi masyarakat,penyelenggaraan kegiatan webinar ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat, dengan mendengarkan pendapat para ahli sehingga setiap unsur dapat membangun sinergis dalam menghadapi pandemi menuju endemi.

Baca Juga:  Tahun Baru Islam, Dimeriahkan Dengan Pawai Taaruf

“Melalui dialog dan bertukar pikiran yang intens, baik dari unsur pemerintahan, akademisi, mahasiswa dan para ahli yang kompeten, mudah-mudahan dapat membangun sinergi pada penanganan covid-19″ katanya.

Maka dengan webinar ini akan memperoleh informasi secara utuh tentang pandemi, mengkonfirmasi apakah kita memang sudah masuk masa endemi atau belum.

“Yang tak kalah penting juga, masyarakat bisa memfilter informasi ‘hoax’ yang berkembang”. katanya.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Minta Perusahaan Tambang di Merapi Segera Realisasikan Kompensasi Kepada Masyarakat

Anggota DPR RI Fraksi PKS, Mustafa Kamal, menyoroti tiga hal dalam penanganan pandemi terkait paradigma, kebijakan publik dan budaya, mengingatkan masyarakat untuk tidak larut dalam euforia yang menyebabkan kelalaian, perlu berdisiplin dengan kebiasaan baru, maupun segi kebijakan pemerintah perlu adanya konsistensi dan menutup celah dari pihak-pihak yang mengambil keuntungan selama pandemi.

Tim ahli epidemiologi satgas covid 19 Sumsel, Dr. Iche menyebutkan, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi untuk transisi dari pandemi ke endemi, yakni meliputi laju penularan harus kurang dari 1%, angka positivity rate harus kurang dari 5%, tingkat perawatan rumah sakit harus kurang dari 5%, angka fatality rate atau kematian harus kurang kurang dari 3%, level PPKM berada pada transmisi lokal level tingkat 1 dan kondisi-kondisi ini harus terjadi dalam rentang waktu tertentu misalnya 6 bulan.

Baca Juga:  Sukses Laksanakan TMMD , Dansatgas TMMDKe 104 Kodim 0418 Palembang Berulang Tahun

 

Subspesialis konsultan penyakit tropik infeksi, dr. Harun Hudari menambahkan, menghimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, pelaksanaan vaksinasi, berprilaku hidup sehat dengan rutin berolah raga sebagai bentuk ikhtiar, mengingatkan bahwa setiap unsur memiliki peran dan posisi yang penting untuk mendukung pandemi menuju endemi.#osk

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...