Ultimate magazine theme for WordPress.

1127 Mahasiswa UIN Raden Fatah di Wisuda Secara Tatap Muka

Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang kembali menggelar wisuda ke-80 secara tatap muka di Gedung Academic Center, Sabtu (26/3).(BP/IST)

Palembang, BP- Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang kembali menggelar wisuda ke-80 secara tatap muka di Gedung Academic Center, Sabtu (26/3).

Pada acara yang penuh hikmat diikuti 1127 wisudawan dari 9 fakultas + 1 Program Pascasarjana (strata satu, strata dua dan strata tiga), Kali ini dihadirkan juga penterjemah bahasa Isyarat sebagai bentuk ramah disabilitas, serta Orasi Ilmiah yang Disampaikan oleh Prof. Dr. K.H. Nazaruddin Umar, M.A. (Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta dan Wakil Menteri Agama periode 2011-2014) dengan tema : Membumikan Alquran Dalam Menghadapi Tantangan di Era Covid-19.
Dalam kesempatan selanjutnya Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyanyu Khodijah, S.Ag, M.Si. mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas perjuangan dalam menyelesaikan studinya.
“Saya sebagai Rektor berpesan dan berharap kepada para Alumni dari satu-satunya Universitas Islam Negeri di Provinsi Sumatera Selatan ini, melalui Al-Qur’an, seyogyanya menjadi mercusuar dalam menebarkan Islam yang penuh rahmat,” ujarnya.
Ia menambahkan bahwa mendakwahkan Islam yang moderat yang senantiasa mengedepankan sikap inklusif, toleran, adil, dan plural serta menampilan wajah Islam yang penuh kasih sayang di tengah masyarakat yang beragam agama, suku, dan budaya di berbagai bidang kehidupan dan berbagai profesi sebagaimana yang diajarkan di dalam Al-Qur’an.
Selain dari itu, para alumni juga harus memiliki paradigma integratif yang menjadikan Islam sebagai agama yang tidak hanya berkaitan dengan teologis, religiusitas, spiritual, dan akhlak saja, tetapi juga menjadikan Islam sebagai sumber pengetahuan dari berbagai aspek keilmuan.
Melalui Al-Qur’an, para alumni mesti menjadikan Islam sebagai sumber ilmu pengetahuan sains, sosial, ekonomi, politik, dan lain sebagainya agar menjadi sarjana muslim yang tidak hanya
memiliki kompetensi selain pengetahuan keagamaan. Paradigma integratif ini sangat penting untuk membuktikan bahwa Islam adalah agama sempurna yang kaya akan segala bidang keilmuan.
“Terakhir, Saya ucapkan selamat kepada Bapak/Ibu alumni yang hari ini diwisuda. Semoga dapat mengemban amanah ilmu yang selama ini sudah ditimba di bangku perkuliahan dan dapat mengaplikasikannya di tengah masyarakat yang dapat memberikan manfaat kemaslahatan bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan Negara, serta dapat membanggakan alamamater tercinta yakni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang,” pungkasnya.#osk
Baca Juga:  Resmi Dikukuhkan, Badar PALI Siap Berkontribusi Untuk Masyarakat
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...