Ultimate magazine theme for WordPress.

SIT Bina Ilmi Jalin Kerjasama dengan Perpustakaan Provinsi Sumsel


Sekolah Islam Terpadu (SIT) Bina Ilmi menggelar audiensi tahap ke dua dan diskusi sharing tentang evaluasi dari program literasi yang telah dijalankan bersama Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Rabu (16/3).

Palembang, BP- Sekolah Islam Terpadu (SIT) Bina Ilmi menggelar audiensi tahap ke dua dan diskusi sharing tentang evaluasi dari program literasi yang telah dijalankan bersama Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Rabu (16/3).

Menurut Fitriana, S. Sos., M.Si selaku Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Sumsel menyambut baik, kunjungan audiensi dari pihak SIT Bina Ilmi untuk menjalin kerjasama dan beliau menyampaikan melalui audiensi ini kita dapat menemukan ide  dan solusi untuk membangun potensi literasi di sekolah yang bisa diangkat untuk melakukan inovasi-inovasi yang kreatif.

Dalam audiensi tersebut Fitriana S. Sos., M.Si, didampingi oleh Dr.M.EvranMarzuki,S.Pd.,M.Si sebagai Sekertaris Dinas Perpustakaan Khoiriyyah, S.STP, M.Si. sebagai Kabid Layanan Otmasi dan Kerjasama Perpustakaan, Amir Sutisno,S.Sos. sebagai Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca.

Amran Marhamid S.Pd.I, sebagai Kepala Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Ilmi Lemabang dan selaku pimpinan  perwakilan SIT Bina Ilmi pada audiensi tersebut. Beliau mengawali audiensi dengan memperkenalkan tim dari SIT Bina Ilmi yang terdiri atas area Bukit, area Lemabang dan area Jakabaring, dengan di damping oleh Risman Eko Saputra S.Hum (waka) SD IT Bina Ilmi Lemabang dan Yunan Ikhsanudin S.Pd (staff waka) selanjutnya juga dari area Bukit didampingi oleh Vixkri Mubaroq S.Hum dan Madina S.Pd sebagai staf waka SD IT Bina Ilmi, sedangkan Veragustina Rizki, S.Pd dari SMP dan Rizki Novianti, S.Pd dari SMA IT Bina Ilmi.

Baca Juga:  74 Ekor Satwa Dilindungi di Lepasliarkan  Ke Habitat Oleh BKSDA Sumsel

Amran Marhamid menyampaikan bahwa tujuan audiensi adalah untuk membangun kerjasama dan berkolaborasi antara program Dinas Perpustakaan Sumatera Selatan dan program SIT Bina Ilmi dalam mengembangkan dan meningkatkan literasi membaca dan menulis siswa dengan baik. Saat ini SIT Bina Ilmi telah mengembangkan program Bina Ilmi Reading Sistem, sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca siswa pada masa arus digitalisasi ini.

Baca Juga:  Menpora Resmikan Kejuaraan Dunia Bowling di Sumsel

Sedangkan Vixkri Mubaroq juga menyampaikan bahwa dalam catatan proses perjalanan program literasi adanya evaluasi yang perlu didiskusikan dengan para ahli terutama pihak Perpustakaan Provinsi, sebagai ikhtiar solusi terhadap indikator keberhasilan literasi dari siswa level bawah dan level atas.

 

Yunan Ikhsanudin juga menambahkan bahwa pandemi ini membawa kita pada lose generation, sehingga kita mengalami kesulitan dalam memberikan pemahamahan program literasi itu sendiri.

SelanjutnyaFitriana, merespon baik dan mengucapkan terimakasih karena kepedulian yang sangat luar biasa dari guru Bina Ilmi untuk mengembangkan literasi di sekolah.

 

Dia menyampaikan untuk membangun literasi membaca dan menulis di sekolah tentunnya ada tiga hal yang perlu dilakukan, pertama, perlunya upaya kerjasama antara orang tua dan siswa dalam kontrol membaca yang baik, kedua, adanya pisikolog di sekolah untuk melihat karakter dan potensi  siswa, sehingga bisa mengelompokkan minat dan potensi literasi siswa, ketiga pembiasaan penugasan untuk membaca kepada siswa.

Baca Juga:  Bawa Sajam Alex dan Kelvin Diangkut Ke Polrestabes Palembang

Evran Marzuki (Sekdin) menjelaskan tingkat pemahaman membaca pada siswa level 1 sampai 3 adalah memperbanyak kosa kata dan buku dongeng asli nusantara, untuk tingkat atas level 4 sampai 6 adalah buku tentang ensiklpedia berupa penemuan pengetahuan, sedangkan Amir Sutisno menambahkan bahwa guru di sekolah harus menjadi orang tua di rumah dan orang tua di rumah harus menjadi guru di sekolah, selain itu beliau juga menyampaikan perlunya pemahaman terhadap guru untuk memberikan kepada siswa metode kiat-kiat membaca cepat termasuk sistem baca berimbang.

Diakhir audiensi IFitriana menyampaikan kepada Amran Marhamid, bahwa Dinas Perpustakaan Sumsel akan sepenuhnya memberikan support dari tingkat TK sampai SMA untuk pengembangan literasi di Sekolah Islam Terpadu Bina Ilmi. Sehingga indeks literasi di Provinsi Sumatera Selatan akan meningkat signifikan secara kualitas dan kuantitas.#osk

 

 

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...