Ultimate magazine theme for WordPress.

ALSA LC Unsri Social Project #3, Moment Peningkatan Minat Baca dan Literasi

Social Project #3 ALSA LC Unsri dilaksanakan Sabtu (5/3) di Balai Desa Arisan Gading, Kecamatan Indralaya Selatan, Ogan Ilir (OI) . (BP/IST)

Indralaya, BP- Gerakan dan program peningkatan minat baca dan literasi di Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini sedang menjadi fokus utama oleh berbagai pihak, mulai dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota maupun Civil Society.

Salah satunya ALSA Local Chapter Universitas Sriwijaya melalui program Social Project #3.

Social Project #3 ALSA LC Unsri dilaksanakan Sabtu (5/3) di Balai Desa Arisan Gading, Kecamatan Indralaya Selatan, Ogan Ilir (OI) .

Dihadiri oleh Duta Literasi Sumsel, Ratu Tenny Leriva HD diwakili Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Amir Sutisna A.Kp, Bunda Literasi Ogan Ilir, Mikhailia Tikha Alamsjah B.A (Hons) diwakili Ketua Pokja II TP PKK Ogan Ilir, Husnidayati S.Sos.,M.Si. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ogan Ilir, Edy Syaifudin. Camat Indralaya Selatan, Kamaluddin S.Sos.,M.Si. Kepala Desa Arisan Gading, Wilman Tahir. Director ALSA LC Unsri, M. Bayu Nugroho. Ketua Umum Cakrawala Perjuangan Indonesia, Kgs. Ilham Akbar, S.H. Keanggotaan UKM Unsri Mengajar dan Volunteer Social Project.

Baca Juga:  Empat Balongub Sumsel Bertemu di Rakor PKS

Khairullah Abrar Afiro, Leader Social Project mengucapkan terimakasih atas seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dari awal hingga terselenggaranya kegiatan yang ketiga kalinya.

“Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh pihak atas bantuan, kerjasama dan dukungannya sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.” Kata Firo, Leader Social Project.

Sementara itu, Director ALSA LC Unsri M. Bayu Nugroho menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara berkala per triwulan.

“Social Project ini kita laksanakan dengan membawa isu yang berbeda-beda mulai dari sanitasi lingkungan, sosial hukum, dan hari ini kami membawa isu pendidikan khususnya tentang literasi dan minat baca yang dapat membawa kebaikan bagi adik-adik di Desa Arisan Gading.” Katanya.

Ketua Umum Cakrawala Perjuangan Indonesia, Kgs. Ilham Akbar, S.H dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada ALSA Unsri yang telah memberikan ruang untuk CPI ikut berkolaborasi membangun Desa Binaan ini. “Terimakasih dan Apresiasi kepada ALSA Unsri. Rencananya dalam waktu dekat CPI akan melaksanakan program unggulannya yaitu Cawisan Islam Rahmatan Lil Alamin di Masjid Al-Mabrur Desa Arisan Gading ini.” Kata Ilham.

Baca Juga:  Serap Aspirasi ke Pelosok, Sisir Kebutuhan Warga Muba

Camat Indralaya Selatan, Kamaluddin S.Sos M.Si menyebut bahwa Desa Arisan Gading merupakan salah satu desa percontohan yang ada di Kecamatan Indralaya Selatan.

“Setiap pihak yang datang melapor untuk melaksanakan kegiatan di wilayah Indralaya Selatan, maka kami langsung rekomendasikan untuk dilaksanakan di Desa Arisan Gading. Karena kami ingin desa ini menjadi salah satu dari sekian banyak desa percontohan yang ada di Ogan Ilir.” Katanya.

Sementara itu, Bunda Literasi Ogan Ilir Mikhailia Tikha Alamsjah B.A (Hons) melalui Ketua Pokja II TP PKK Ogan Ilir Husnidayati S.Sos.,M.Si menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap terselenggaranya kegiatan ini.

“Tentunya kami atas nama Bunda Literasi menyampaikan dukungan dengan adanya kegiatan ini. Kedepan tidak hanya dilaksanakan di satu desa saja, tetapi menyeluruh di 28 desa percontohan yang ada di Ogan Ilir. Sebagai Apresiasi, kami memberikan reward uang tunai sejumlah 3 juta untuk membantu operasional kegiatan yang mulia ini.” Katanya.

Baca Juga:  Enam Pelaku Judi Diamankan

Duta Literasi Sumsel, Ratu Tenny Leriva HD diwakili oleh Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Amir Sutisna A.Kp menyampaikan bahwa gerakan minat baca dan literasi harus menjadi bagian dari gaya hidup.

“Sebagai generasi masa kini, kita harus menjadikan minat baca dan literasi sebagai sebuah gaya hidup karena arus informasi yang luarbiasa menuntut kita harus teliti atas semua informasi.” Kata Amir Sutisna.

Kegiatan ALSA Social Project #3 terdiri dalam berbagai rangkaian kegiatan mulai dari Peresmian Pojok Baca Desa Arisan Gading, Gerakan Literasi Bahasa Isyarat Sumatera Selatan oleh Amir Sutisna A.Kp, Arisan Gading Belajar oleh UKM Unsri Mengajar dan Lomba Ranking 1 oleh Volunteer Social Project.#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...