Ultimate magazine theme for WordPress.

Musrenbang Kecamatan Peninjauan Prioritaskan Infrastruktur

Plh Bupati OKU Edward Candra membuka Musrenbang Kecamatan Peninjauan di Gedung Serbaguna Kecamatan Peninjauan. Kamis (3/2/2022).

Baturaja, BP – Plh Bupati OKU Edward Candra membuka Musrenbang Kecamatan Peninjauan di Gedung Serbaguna Kecamatan Peninjauan. Kamis (3/2/2022).

Musrenbang Kecamatan merupakan pelaksanaan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 tahun 2017.

PLH Bupati OKU Edward Candra, mengatakan Musrenbang Kecamatan merupakan tahapan lanjutan dari Musrenbang tingkat Desa yang hasilnya sudah diinput pada Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri.

Agenda utama Musrenbang Kecamatan ini untuk melakukan kompilasi atau membahas dan menyepakati usulan kegiatan yang belum menjadi kegiatan prioritas dan usulan yang menjadi prioritas.

Hasil kesepakatan Musrenbang Kecamatan ini dituangkan dalam berita acara yang disampaikan kepada Bappelitbangda sebagai bahan penyusunan rencana daerah dan dinas/instansi terkait sebagai bahan penyusunan rancangan Renja perangkat daerah yang akan dibahas pada forum perangkat daerah.

Edward Candra mengharapkan pengambilan keputusan terhadap usulan kegiatan perlu di pertimbangkan usulan yang lebih penting dan mempunyai nilai manfaat lebih banyak bagi masyarakat.

Baca Juga:  Arifin Kalander Bagikan Beras Untuk Warga Sepanjang Pesisir Sungai Musi

Dengan adanya Covid-19 yang terjadi di Indonesia termasuk Kabupaten OKU, adanya perlambatan pembangunan di Kabupaten OKU. Hal ini tidak terlepas dengan terbatasnya keuangan daerah dalan membiayai pembangunan di Kabupaten OKU.

Dalam kesempatan ini, Edward Candra menyampaikan, Pemerintah Kabupaten OKU selalu berupaya untuk memenuhi semua usulan pembangunan yang disampaikan melalui Musrenbang ini, akan tetapi dengan keterbatasan anggaran tidak semua usulan dapat dipenuhi.

Untuk tahun anggaran 2022 kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Peninjauan melalui APBD antara lain, pembangunan turap/bronjong di Desa Kepayang, peningkatan jalan cor beton Desa Saung Naga, peningkatan jalan SP4-SP8, peningkatan jalan cor beton Desa Kepayang-Desa Lubuk Banjar, peningkatan jalan talang tiga Peninjauan, peningkatan jalan Desa Mendala, peningkatan jalan lingkar Desa Saung Naga di Ilir, perluasan SPAM jaring perpipaan Desa Makarti Tama, dan Desa Penilikan.

Baca Juga:  Pemkab OKU Peringati Hari Sumpah Pemuda

Pembuatan jalan lingkungan di Desa Belimbing, Desa Durian, Desa Penilikan, Desa SP7, dusun I Desa Bindu, Desa SP3, Desa Mitra Kencana, Desa Makarti Jaya, pembuatan/rehabilitasi jalan lingkungan dusun 1 Desa Lubuk Rukam, pembuatan siring pasangan lingkungan Desa SP3, Desa Peninjauan, Desa Penilikan, Desa Lubuk Rukam, dan penyediaan air bersih dan jaringan Desa Makarti Tama.

Dalam rangka memenuhi standar pelayanan minimal di bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten OKU melalui dana DAK akan melaksanakan kegiatan pembangunan ruang UKS TK. Pertiwi Desa Mitra Kencana, pembangunan ruang perpustakaan dan ruang laboratorium komputer SDN 18 Desa Makarti Tama, rehabilitasi ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang tata usaha dan ruang UKS SMPN 6 Desa Peninjauan, rehabiltasi toilet dan sanitasi SMPN 6 Desa Peninjauan, pengadaan peralatan laboratorium Fisika dan Biologi SMPN 6 Desa Peninjauan.

Baca Juga:  Bamsoet Undi Give Away Putaran Keenam Bersama Olivia Zalianty dan Alexa Key

Dikatakan, melalui Dinas Kesehatan akan mengadakan peralatan Antropometri untuk Puskesmas Peninjauan, serta melalui Dinas Pemuda dan Olahraga akan membantu untuk kegiatan kepemudaan berupa pembangunan lapangan futsal di Desa Saung Naga, pembangunan lapangan volly ball di Desa Belimbing dan Desa Lubuk Rukam.

Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten OKU yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Peternakan pada tahun 2022 berupa pengadaan benih bawang merah dan pengadaan pupuk organik di Desa Mendala, bibit durian unggul di Desa Makarti Tama, pengadaan kambing induk betina, kambing induk jantan dan kandang ternak di Desa SP3, Restocking bibit ikan di Kecamatan Peninjauan.

Pada akhir sambutannya, Edward Candra menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan ini, untuk mewujudkan OKU yang Bersih, Kreatif, Religius, Maju, dan Sejahtera. #yan

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...