Ultimate magazine theme for WordPress.

Rajin Foto Selfie Ghozali Jadi Sultan Aset Milyaran, Berikut Profilnya

Sultan Gustaf AL Ghozali, Menjual Foto-foto selfienya di NFT. (BP/IST)

Jakarta, BP – Belakangan ini, jagad maya digegerkan dengan terjualnya NFT koleksi foto selfie dengan harga miliaran rupiah.
Metaverse techno sedang ramai diperbincangkan, dan yang terbaru seorang mahasiswa bernama Ghozali, mendadak menjadi kaya raya dari teknologi OpenSea peer to peer marketplace untuk NFT.

Rupanya saking menggiurkannya jual beli dalam bentuk NFT ini membuat salah seorang warga Indonesia ikut memperjual belikan karya seninya yang bisa dibilang unik dan berbeda dari lainnya. Siapa lagi kalau bukan Ghozali Ghozalu yang saat ini tengah jadi sorotan jagat maya.

Hal tersebut terjadi usai dirinya menjual koleksi foto selfie yang diberi nama Ghozali Everyday sebagai non-fungible token (NFT).

Berisi 933 foto selfie Ghozali, pria tersebut dikabarkan kerap berfoto selama 5 tahun belakangan, mulai dari 2017-2021. Ghozali sendiri diketahui menjual foto selfienya di OpenSea.

Awalnya, NFT Ghozali dijual dengan harga 0.001 Ethereum atau sekitar Rp 45.000 per foto. Namun, seiring dengan viralnya Ghozali di komunitas NFT global, harga per fotonya kini bisa mencapai belasan juta rupiah.

Baca Juga:  Gubernur Herman Deru Beri Bantuan Beras dan Satu Unit Mobil Ke ADO Sumsel

Hingga Rabu, (12/1/22), Ghozali mengumumkan bahwa hanya ada 331 NFT yang tersisa, dari total 933. Ghozali pun berpesan agar foto yang sudah dibeli tidak disalah gunakan, lantaran dirinya takut orang tuanya merasa kecewa.
Hingga Kamis (13/1/22) Ghozali Everyday mampu untuk menaikkan volume perdagangannya sebesar 280 ETH atau sekitar Rp 13,3 miliar.

Ghozali sendiri, bernama lengkap Sultan Gustaf AL Ghozali. Ia merupakan mahasiwa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang jurusan Animasi D-4. Saat ini Ghozali berusia 22 tahun, Ghozali beragama Islam. Selain berprofesi sebagai mahasiswa Ghozali juga melakukan pekerjaan sampingan sebagai content creator. Sebelum kuliah Ghozali mengenyam pendidikan di SMKN 5 Semarang.
Ghozali juga aktif membuat animasi 3D. Hal ini diketahui dari akun Instagram khusus-nya @ghozali_3d. Sejak September 2018, ia membagikan karya 3D sepeti tiruan senjata api Fornite, hingga motion desaign. Ghozali bahkan pernah membuat karakter 3D seperti karakter Bawang Putih dan Upin Ipin. Seluruh hasil kerjanya dibagikan lewat platform Art Station dengan nama akun Ghozali Ghozalu.

Baca Juga:  74 Persen Golput , Calon Pilkades Ulak Pandan Tetap Ingin Dilantik????

Saat ditemui di kampusnya, Sultan Ghozali masih tak menyangka ratusan foto selfie miliknya laku terjual. Sebab, awalnya foto tersebut digunakan untuk animasi time lapse. “Aslinya itu saya foto setiap hari buat animasi timelapse lima tahun nanti jadi video gitu. Tujuannya itu udah dibuat sekalian tak upload di NFT kali aja lucu. Aku mikirnya kaya lucu juga kalo salah satu kolektor ada yang punya muka saya. Lalu upload akhir-akhir Desember ini, cuma baru berani promosi 4 hari yang lalu,” ujar Ghozali, Kamis (13/1).

Sementara itu Musisi dan kreator digital, Reza Arap mengaku menjadi pembeli salah satu foto selfie Ghozali di OpenSea. Ia latah membeli foto itu setelah viral seorang pemuda asal Semarang menjual foto selfienya setiap hari selama lima tahun dan dijadikan Non Fungible Token atau NFT di OpenSea dengan nama Ghozali Everyday hingga miliaran rupiah.

Baca Juga:  Pemilik Gabus Kuning di Muba: Ikan Akan Dipelihara, Tidak Dijual

“Membeli salah satu foto Ghozali tadi malam seharga $1,3k,” tulisnya di akun Instagramnya, Kamis, 13 Januari 2022. Ia mengunggah salah satu foto dengan ekspresi lempeng khas Ghozali itu bernomor 454. Jika ia mengaku membeli satu foto seharga US$ 1.300, jika dikurskan ke dalam rupiah, suami selebgram, Wendy Walters ini merogoh kantongnya sebesar Rp 18,5 juta.

Pria yang tergabung di Weird Genius ini mengakui kecerdasan Ghozali, yang konsisten memotret diri setiap hari selama lima tahun di depan layar komputer dengan ekspresi yang lempeng tersebut. “Pria ini dan siapapun di belakangnya benar-benar jenius,” tulisnya. #rid/net

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...