Ultimate magazine theme for WordPress.

Menkes Sebut, Pekerja Kebersihan RS Wisma Atlet Terkonfirmasi Omicron

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya secara virtual terkait Covid varian Omicron di Indonesia. (16/12). (doc.kemenkes RI)

Jakarta, BP – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan adanya kasus pertama varian Omicron terdeteksi di Indonesia. Kasus COVID-19 varian baru itu pertama di Indonesia ditemukan pada (15/12/21). Kasus varian baru COVID-19 tersebut terkonfirmasi pada pasien dengan inisial N.

“Kementerian Kesehatan telah mendeteksi seorang pasien N inisialnya terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember 2021,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers kepada media secara virtual, Jakarta, Kamis, (16/12).

Baca Juga:  Imbas PPKM Palembang, Banyak Pelaku Usaha Menunggak Pajak

Masih menurut Menkes, data-data yang ada sudah dikonfirmasi langsung ke GISAID. Selanjutnya GISAID juga sudah memberikan konfirmasi data sequencing dan benar adalah virus tersebut Omicron.

“Pasien N ini adalah pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet. Pada tanggal 8 Desember sampelnya diambil secara rutin oleh tim dari Wisma Atlet kemudian dikirimkan ke kami di Kementerian Kesehatan untuk dilakukan WGS,” tambahnya.

Baca Juga:  Polda Sumsel Ganjar Penghargaan Mitra Polri Keroyok Vaksin

Dia menambahkan, terdapat total tiga pekerja pembersih yang terkonfirmasi positif COVID-19. Namun, hanya satu yang terdeksi varian baru Omicron.

“Kami terima (sample) pada tanggal 10 Desember dan kita lihat bahwa ada 3 pekerja pembersih di rumah sakit Wisma Atlet yang positif hasil PCR-nya tapi yang terkonfirmasi positif Omicron adalah satu orang,”paparnya. Kini ketiga pasien tersebut sedang menjalani karantina di rumah sakit Wisma Atlet.

Baca Juga:  Jokowi Perintahkan Harga Tes PCR Diturunkan Jadi Rp 450.000-Rp 550.000

“Satu ini sudah kita double cek ke GISAID. dan memang Omicron. Ketiga pasien ini di karantina di wisma atlet dan tanpa gejala. Mereka sudah diambil PCR-nya negatif,” tandasnya. #rid/net

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...