Ultimate magazine theme for WordPress.

Muba Jadi Percontohan Penerapan CMS Online

Plt Bupati Muba Beni Hernedi

 

Sekayu, BP–Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) membuat terobosan dengan mematangkan dan mensingkronkan sistem Cash Management Sistem (CMS).

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online dibuat dengan pengawasan langsung dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumsel sehingga pengelolaan dana desa bisa lebih transparan dan akuntabel.

“Dijadikannya Kabupaten Muba sebagai daerah percontohan untuk menerapkan CMS-Siskeudes bagi Kabupaten lainnya di Provinsi Sumsel ini bukan tanpa alasan. Pemkab Muba meraih piagam penghargaan dari BPKP Perwakilan Sumsel atas implementasi aplikasi Siskeudes Online pertama di Provinsi Sumsel,” ujar Plt Bupati Muba Beni Hernedi di Sekayu , Senin (13/12/2021).

Baca Juga:  Pembangunan Aspal Karet di Muba Mampu Tekan Inflasi

Siang itu Plt Bupati Beni Hernedi membuka Sosialisasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi CMS Koneksi Aplikasi Siskeudes Online dan Aplikasi Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu bertempat di Opproom Pemkab Muba.

Beni Hernedi mengatakan penerapan sistem non tunai dalam pengelolaan keuangan desa ini akan mulai diterapkan per Januari 2022 oleh Dinas PMD bekerja sama dengan BPKP RI dan Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu.

“Aplikasi tersebut terkoneksi dengan aplikasi Siskeudes online dan aplikasi Bank Sumsel Cabang Sekayu agar pengelolaan keuangan desa lebih update saat akan disampaikan laporannya ke pihak yang berkepentingan,” ucapnya.

Beni berpesan kepada para camat dan kepala desa dalam wilayah Kabupaten Muba agar tetap konsisten dalam menggunakan aplikasi siskeudes dan hati-hati dalam pengelolaan keuangan desa.

Baca Juga:  Siti Amrina Sudah Kantongi Rp19-an Juta dari Penggalangan Dana kitabisa.com

“Harapan kami dengan inovasi dan penggunaan aplikasi tersebut, maka penyampaian kompilasi laporan realisasi APBD Desa tahun 2021 yang akan disampaikan awal Januari 2022 dan tahun berikutnya tetap yang tercepat di Indonesia, dapat dipertahankan dan tingkatkan sehingga menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Provinsi Sumsel khususnya dan Indonesia pada umumnya,” kata Beni.

Menurut Laporan Kepala DPMD Muba Richard Cahyadi AP, kegiatan Sosialiasi Pembayaran Non Tunai untuk Desa dalam wilayah Kabupaten Muba menggunakan dana APBD pada Dinas PMD Kabupaten Muba tahun 2021, yaitu kegiatan fasilitasi keuangan desa, sesuai amanat Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa dan Perbup Muba Muba nomor 88 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

Baca Juga:  Pebalap Legendaris Chandra Alim Akan Uji Skyland Circuit Muba

“Adapun peserta sosialiasasi hari ini terdiri dari 227 orang kepala desa dan 227 orang operator siskeudes serta 15 orang camat dan Kasi PPDK/PJOK dalam wilayah Kabupaten Muba. Kegiatan ini kerja sama Pemkab Muba dengan Bank Sumsel Babel cabang Sekayu dengan narasumber, dari BPKP RI Albertus Agus Windarto, Programmer Bank Sumsel Babel Rio Al Rasyid, Kanit Tipidkor Satreskrim Polres Muba Budi Mulya, SIP, SH, MH dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Muba Abu Nawas, SH,” paparnya. #osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...