Ultimate magazine theme for WordPress.

Gelar Riset dan Inovasi Expo, Bina Darma Harapan Baru Kampus Masa Depan

Riset dan Inovasi Expo UBD di atrium OPI Mall, Palembang.Sabtu (11/12). (BP/IST)

Palembang, BP – Bermutu yang merupakan singkatan dari Bertekad Maju untuk Unggul, tagline inilah yang selalu digaungkan Universitas Bina Darma (UBD) yang merupakan perguruan tinggi terbaik di Sumatera Selatan.

Sesuai dengan tagline-nya tak terhitung jumlah karya inovasi dan riset yang dihasilkan civitas akademika UBD. Terbukti, Sabtu (11/12/21) UBD menggelar Riset dan Inovasi Expo di atrium OPI Mall dan dihadiri secara langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru.

“Pada acara ini kami dapat menampilkan hasil-hasil riset dan inovasi yang ada di Universitas Bina Darma sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam memberikan kontribusi nyata untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan bangsa Indonesia dan Provinsi Sumatera Selatan secara khusus,” ungkap Rektor Dr Sunda Ariana, M.Pd., M.M.

Menurutnya, Gubernur Sematera Selatan dan jajaranya telah memberikan kontribusi nyata dan perhatian besar untuk kemajuan pendidikan dan IPTEK di Sumatera Selatan untuk mencapai cita-cita luhur Gubernur yaitu Sumsel Maju Untuk Semua.

Baca Juga:  UBD Sinergi dengan Pemkab Banyuasin, Dorong Kemajuan Desa dalam Program KKN

“Ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah terlibat aktif dalam mensukseskan acara Riset & Inovasi Expo Universitas Bina Darma tahun 2021 khsusnya kepada seluruh Sponsor yang telah memberikan dukungan sehingga acara ini dapat terlaksana dengan sangat megah dan meriah,” ucap Sunda.

Sunda menjelaskan, acara Riset dan Inovasi Expo Universitas Bina Darma merupakan acara yang akan menampilkan hasil-hasil riset dan inovasi dosen dan mahasiswa Universitas Bina Darma sebagai bentuk publikasi dan hilirisasi riset dan inovasi yang telah dilakukan.

“Kegiatan Riset dan Inovasi merupakan kegiatan penting bagi Perguruan Tinggi khususnya bagi Universitas Bina Darma untuk dapat menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat mendorong dan mempercepat kemajuan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Ia merinci, adapin produk riset dan inovasi yang dipamerkan diantaranya
berbagai publikasi artikel Nasional terakreditasi dan Internasional Bereputasi, publikasi pada seminar nasional dan seminar Internasional, Berbagai HAKI (Hak Kekayaan Intelektual dosen dan mahasiswa Universitas Bina Darma), Berbagai produk Inovasi dosen dan mahasiswa.

Baca Juga:  Gandeng LSK Pusat, LPTO Siap Mandiri Palembang Gelar Uji Kompetensi

“Kemudian, Berbagai Buku hasil ciptaan dosen Dan berbagai Hibah Penelitian yang dimenangkan oleh Dosen Universitas Bina Darma, Secara fisik, produk-produk riset dan inovasi yang telah saya sampaikan tadi dapat dilihat di stand-stand semua Fakultas yang ada disini,” urainya.

Selain itu, seluruh produk-produk riset dan inovasi dapat diakses pada katalog digital yaitu di https://rie.binadarma.ac.id/.

“Pada hari ini juga saya dengan bangga menyampaikan beberapa perusahaan rintisan atau startup yang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Bina Darma yaitu:
Sidespin (Sistem Informasi Desa Pintar), SIDESPIN merupakan sistem yang digagas untuk mempercepat pembangunanan teknologi di daerah-daerah dengan potensi desa, salah satunya dalam hal digitalisasi desa yang ada di Sumatera Selatan.

Lalu, Jamas (Jago Masak) Merupakan suatu Platform yang menghubungkan antara konsumen dengan penyedia bahan masakkan berupa paket siap masak, menggunakan sistem delivery, dengan keamanan yang terjamin, harga yang bersahabat, bahan yang segar dan juga layak masak.

Baca Juga:  Bina Darma Utus Mahasiswa Salurkan Bantuan ke Semeru

KaPe (Kampung Pempek)
Merupakan suatu Platform market place untuk jual beli pempek di Palembang, dan Return (Aplikasi Bank Sampah) Merupakan suatu Platform aplikasi bank sampah yang menghargai nilai ekonomis sampah dan sebagai aplikasi untuk menjaga lingkungan.

“Acara Riset dan Inovasi Expo ini juga kami jadikan sebagai Kado Dies Natalis Universitas Bina Darma yang ke 27 Tahun dalam eksistensinya membangun pendidikan di Sumatera Selatan,” ungkap Sunda.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengapresiasi UBD yang sangat komitmen dan konsisten dengan menghasilkan segudang riset dan inovasi yang bermanfaat untuk kemajuan Sumsel.

“Ini karya nyata untuk kontribusi positif kemajuan daerah, terus berinovasi civitas akademika Bina Darma untuk turut andil mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua,” tandasnya. #ril

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...