Ultimate magazine theme for WordPress.

Polrestabes Palembang dan BKSDA Amankan Satwa yang Diawetkan

Sat Reskrim Polrestabes Palembang Unit Pidana Khusus bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumsel berhasil mengamankan 4 satwa dilindungi yang diawetkan dan 3 satwa dilindungi dalam keadaan hidup, dalam operasi simpatik penertiban tumbuhan dan satwa dilindungi. (BP/IST)

Palembang, BP—Sat Reskrim Polrestabes Palembang Unit Pidana Khusus (Pidsus) bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)  Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil mengamankan 4 satwa dilindungi yang diawetkan (Opsetan) dan 3 Individu Satwa dilindungi dalam keadaan hidup, dalam operasi simpatik penertiban tumbuhan dan satwa dilindungi (TSL), Selasa (16/11) sampai Rabu (17/11).

Ketujuh satwa yang dilindungi yang diamankan berasal dari kepemilikan masyarakat Kota Palembang dari tiga wilayah kecamatan yakni Plaju, Kalidoni, dan Alang – Alang Lebar. Sementara satwa yang dilindungi diamankan dari pemiliknya 4 satwa Opsetan yakni 2 Kepala Rusa (Rusa Unicolor), 1 Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae), 1 Beruang Madu (Helarctos Malayanus).

Baca Juga:  Polrestabes Palembang Gagalkan Penyelundupan Bibit Lobster

Sedangkan satwa yang dilindungi masih hidup 2 individu Kakatua Koki (Cacatua Galerita) dan 1 individu Kasturi Ternate (Lorius Garrulus).

“Kita bekerjasama dengan BKSDA dan sudah memberikan himbauan kepada masyarakat masih ada yang memiliki atau memelihara satwa satwa yang dilindungi, agar secara sukarela menyerahkan baik ke Polrestabes Palembang maupun BKSDA. Satwa yang diserahkan bisa yang sudah dikeraskan atau masih hidup,” kata  Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satya Putra melalui Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi, Senin (22/11).

Baca Juga:  Bibit Lobster Sitaan Polisi Senilai 15,343 Miliar Dilepas

Menurutnya masyarakat sudah sukarela menyerahkan hewan yang dilindungi seperti harimau yang sudah dikeraskan dan kepala rusa, ada burung juga.

“Saat ini hewan tersebut kita serahkan prosesnya ke BKSDA, mereka yang mengatur apakah yang hidup dilepas ke kebun binatang atau dilepaskan lagi ke habitat liar nya dan yang sudah di awetkan pemerintah yang ngatur apakah untuk penelitian dan lainnya sehingga nanti kedepan untuk generasi cucu kita tau bentuknya harimau Sumatra kayak ini,” katanya.

Menurutnya pemilik satwa ini mengaku kalau satwa ini telah lama dan dari jaman dahulu.

Baca Juga:  Polda Sumsel Amankan 2 Rumah Penampungan Ratusan Ribu Ekor Benur

“Dia mengaku dari turun temurun ada yang dari bapaknya dan kita apresiasi dia mau menyerahkan dan mengembalikan kepada kita, dan kita himbau juga kepada masyarakat lain yang memiliki satwa dilindungi untuk mengembalikan atau menyerahkan kepada kita atau BKSDA,” kata  Kompol Tri Wahyudi.

Kepala BKSDA Sumsel, Ujang Wisnu Barata mengatakan satwa – satwa tersebut berupa Opsetan maupun yang masih hidup telah diamankan di resor konservasi wilayah IV Kota Palembang BKSDA Sumsel untuk upaya konservasi lebih lanjut. #osk

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...