Ultimate magazine theme for WordPress.

Dunia Digital Buat  Kreativitas Jadi Tak Berbatas

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Kota Palembang dengan tema Positif, Kreatif dan Aman di Internet, Rabu (17/11). (BP/IST)

Palembang, BP -Dunia digital telah membuat kreativitas menjadi tak berbatas. Baik tentang pekerjaan, hobi, atau segala macam kreativitas. Untuk memberitahukan cara agar kreativitas kita positif dan aman di internet, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menggelar Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Kota Palembang dengan tema Positif, Kreatif dan Aman di Internet, Rabu (17/11).

Ada empat Narasumber yang diundang antara lain Muhamad Arif Rahmat SHI (CEO PT Kampung Kaleng Indonesia), Inna Dinovita STP (CEO Saesha Cantika Indonesia), M Zainal Abidin SKom (Koordinator ICT SMK Negeri 8 Palembang), dan Nursiah Lelawati MPd (Kepala SMP Negeri 5 Palembang.
Menyimak pemaparan yang disampaikan M Zainal Abidin, dijelaskan dampak positif internet antara lain mudah dalam komunikasi, mudah mencari informasi,
mudah transaksi bisnis, komunikasi tidak terbatas, mudah bekerja jarak jauh, banyak layanan umum, banyak konten hiburan, mengenal budaya baru, mendapat informasi terkini, tempat untuk berkarya mendapat kenalan baru.
Setelah menguraikan dampak positif berinternet, dilanjutkan dengan antisipasi dam sak nesatif internet.
“Edukasi sejak dini, pengawasan orang tua, menyaring semua informasi yang diterima, jangan mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal dan petugas, serta batasi penggunaan internet,” katanya.
Dan termasuk prilaku kreatif berinternet, Zainal merinci menaruh konten yang bermanfaat, membuat konten yang positif, melakukan hal produktif, mencari informasi dan berpartisipasi dalam lomba menciptakan ekosistem digital.
“Saya juga punya tips aman berinternet, di antaranya teliti saat menerima permintaan pertemanan, berpikir sebelum posting dan sebelum membagikan sesuatu,” katanya.
Webinar ini sendiri dimulai pukul 09.00 yang dibuka oleh moderator Hafidz Dzaki. Kemudian menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote
speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI.
Lantas keynote speech kedua disampaikan Wali Kota Palembang H Harnojoyo yang mengapresiasi penyelenggaraan webinar tersebut. Selain itu, turut hadir menghangatkan suasana dan memotivasi peserta webinar yakni Seera Safira (News Presenter, Journalist Tv One, Moderator/MC ) sebagai Key Opinion Leader (KOL).
Lebih lanjut dalam sesi tanya jawab, moderator mempersilakan empat penanya terpilih untuk menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada keempat narasumber secara berurutan. Karena antusias peserta cukup tinggi untuk bertanya, moderator juga memilih enam peserta lagi untuk berkesempatan mendapat hadiah langsung berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp 100 ribu.
Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel membenarkan bahwa webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel diikuti secara daring oleh 1484 orang, peserta dari kalangan mahasiswa dan pelajar.
“Untuk webinar selanjutnya, diselenggarakan Kamis (18/11) dengan tema HatiHati dalam Menyebar Data Pribadimu dengan menghadirkan empat narasumber berkompeten antara lain Irfan Sophan Himawan, SE., Ak., MM (Dosen Universitas Putra Indonesia & Penggiat Media Digital), Reni Haerani, S.Kom M.Kom (Dosen dan Praktisi Digital),. Zainul Arifin S.Pd M.M (Kepala SMP Negeri 8 Palembang) dan Endang Wahyuningsih SPd MM (Kepala SMP Negeri 18 Palembang),” katanya.#osk
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...