Ultimate magazine theme for WordPress.

Keluarga Berperan Dalam Antisipasi Bahaya Penggunaan Internet Pada Anak

Webinar Gerakan Nasional  Literasi Digital 2021 Kota Palembang yang digelar, Senin (15/11) pukul 09.00 – 12.00  dengan tema “Kenali Upaya Melindungi Anak di Ranah Daring”.(BP/IST)

Palembang, BP- Keluarga berperan dalam mengantisipasi bahaya penggunaan internet pada anak. Bagaimana peran keluarga dalam melindungi anak di era digital?

Kemenkominfo kali ini melalui Webinar Gerakan Nasional  Literasi Digital 2021 Kota Palembang yang digelar, Senin (15/11) pukul 09.00 – 12.00  dengan tema “Kenali Upaya Melindungi Anak di Ranah Daring”.

Narasumber yang dihadirkan di antaranya Dr (C) Rr Vemmi Kesuma Dewi, Mpd (Akademisi Bid.Pendidikan dan Praktisi Pendidikan Ramah Anak, Feri F. Alamsyah, M.I.Kom (Dosen Ilmu Komunikasi), Sudarmi M.Pd (Kepala SMP Negeri 45 Palembang) dan Rio Yuliansyah Z, S.Pd. (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Srijaya Negara Palembang ).

Dipandu Moderator Sonnaria acara berlangsung sekitar empat jam. Tak lupa, Wahyu Wiwoho @wahyuwiwoho (Senior Anchor Metro TV) dengan berbagai pengalamannya sebagai senior penyiar salah satu televisi swasta ternama di Indonesia. Wahyu menyebutkan, derasnya pengaruh luar di era digital saat ini memang tak terbendung. Baik pengaruh positif maupun negatif setiap saat bisa terjadi. “Apalagi terhadap anak-anak. Banyak peluang yang bisa terjadi kepada mereka di masa ini. Saya contohkan, dengan adanya pandemi di mana tuntutan belajar online merupakan keharusan. Suka atau tidak suka anak akan setiap saat terhubung dengan internet dan perangkat digital. Di sinilah perlunya proteksi orang tua untuk aktif dan selalu waspada mengawasi anak-anaknya ketika berselancar di dunia digital. Pengaruh negatif yang parah bisa terjadi pada anak-anak karena dahsyatnya pengaruh digital saat ini,” ujarnya.

Dr (C) Rr Vemmi Kesuma Dewi, M.Pd, Akademisi Bid.Pendidikan dan Praktisi Pendidikan Ramah Anak pun tak kalah prihatin dengan perkembangan yang terjadi di era digital terhadap anak. Menurutnya, dengan proteksi orangtua yang serius dan kontinu maka bisa meminimalisir terjadinya pengaruh negatif. Bekal perlindungan terhadap anak disebutkan Vemmi tentunya dengan mengisi ilmu dan kecakapan digital terlebih dahulu oleh para orang tua.

Baca Juga:  Cerdas Jualan Online di Media Sosial

Feri F. Alamsyah, M.I.Kom (Dosen Ilmu Komunikasi) pada kesempatan ini menyebutkan beberapa dampak negative terhadap anak yaitu malas melakukan aktivitas sehari-hari. Karena terlalu aktif dengan dunianya sendiri di dunia maya maka dia menjadi malas berinteraksi dengan dunia nyata sekitarnya. “Selanjutnya anak menjadi kurang peduli baik secara komunikasi maupun pergaulan. Sebaliknya, terhadap orang tua, ada sebagian yang merasa tertekan dengan kondisi fisik harus berhubungan dengan internet,” kata Feri.

Feri juga menyarankan beberapa tips yaitu pentingnya memperhatikan apa yang harus dishare atau tidak. Orangtua penting ajarkan kepada anak tentang privasi. Selanjutnya, orangtua harus membuat pembatasan-pembatasan penggunaan ponsel dan internet. “Handpone hanya boleh digunakan pada waktu-waktu tertentu saja misalnya saat belajar, saat mengerjakan tugas dan beberapa kegiatan lain yang tentunya tetap diawasi orangtua,” ujarnya yang juga pada kesempatan ini memaparkan sisi positif seperti guru bisa memperkaya khasanah bahan ajar. Selanjutnya, kemudahan dalam hidup misalnya dengan mudah membeli barang di toko online. Mempercepat informasi dari berbagai sumber juga merupakan bagian dari sisi positif di dunia digital. Manfaat lain bisa menjadi peluang usaha atau bisnis yang lebih luas jangkauannya. Bagi anak-anak, bisa menjaga kualitas pendidikan dengan adanya kemajuan teknologi ini.

Sementara itu, Rio Yuliansyah Z, S.Pd. (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Srijaya Negara Palembang ) pada kesempatan ini memaparkan materi juga selama 20 menit. Guru pendidikan kewarganegaraan ini  berbagi mengenai tentang upaya melindungi anak di ranah daring yang disebutkan Rio sangat menarik sekali. Kita setiap hari berhubungan dengan internet dan daring. “Kali ini kita membahas topik upaya melindungi anak,” ujar Rio yang menjabarkan definisi melindungi dalam konteks tema kali ini.

Baca Juga:  Jangan Mudah Percaya dengan Informasi Hoaks

Menurutnya, dalam 24 jam kita selalu berhubungan dengan dunia internet dari berbagai sisi kehidupan. Mulai dari banging tidur, aktivitas dimulai dengan membuka ponsel untuk mengetahui perkembangan terkini dan apa yang sudah terjadi. Rio juga menyebutkan bahwa era globalisasi yang dulu sempat didengungkan untuk dihadapi, ternyata saat ini dihadapi dalam kehidupan kita dari berbagai sisi.

“Sangat terkait erat dengan kemajuan teknologi dan informasi. Terkait dengan perlindungan anak, karena mereka juga mengikuti aruh digital ini maka perlindungan diperlukan untuk memprotek mereka. Secara akal dan pikiran anak-anak belum memiliki kematangan. Sehingga peran orang tua memang harus dominan. Selain mendampingi mereka ketika berinternet, orangtua juga harus membatasi penggunaan internet anak-anaknya karena ancaman pengaruh setiap detik bisa terjadi pada mereka,” ujar Rio yang juga memberikan berbagai tips dan saran terutama pada para peserta yang masih pelajar.

Narasumber selanjutnya, Sudarmi M.Pd (Kepala SMP Negeri 45 Palembang) mengatakan anak-anak harus memiliki pengetahuan tentang elektronik sehingga mereka paham untuk menggunakannya. Pemahaman tentang Etika Digital disebutkan narasumbe sangat perlu.

“Saya bersyukur sekali bisa ikut webinar seperti ini karena berbagi pengalaman dan pengetahuan. Kita bisa memiliki perilaku atau kualitas manusia yang baik sehingga tidak tersesat. Di Indonesia, etika digital sangat banyak sekali yang harus dipahami. Kemenkominfo dengan mengadakan webinar seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia,” ujar Sudarmi M.Pd yang juga memaparkan dengan etika digital dapat terjadi kenyamanan ketika berselancar di dunia maya.

Sebelumnya, webinar dimulai dengan menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI. Lantas keynote speech kedua disampaikan Walikota Palembang H Harnojoyo yang mengapresiasi penyelenggaraan webinar tersebut.

Baca Juga:  Dunia Digital Buat Bisnis Makin Mudah dan Murah

Lebih lanjut dalam sesi tanya jawab, moderator mempersilakan empat penanya terpilih untuk menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada keempat narasumber secara berurutan. Karena antusias peserta cukup tinggi untuk bertanya, moderator juga memilih enam penanya lagi untuk berkesempatan mendapat hadiah langsung berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp 100 ribu.

Terpisah, Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel membenarkan bahwa webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemkot Palembang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel diikuti secara daring sekitar 996 peserta yang merupakan edisi khusus karena peserta dari siswa SLB dan moderator dengan bantuan translator. “Alhamdulilah kita terus berharap antusias masyarakat masih tetap tinggi dalam rangka literasi digital ini. Semoga bermanfaat bagi masyarakat banyak dalam mendukung program pemerintah cerdas berinternet dengan Program Webinar Literasi Digital yang digelar Kemenkominfo RI ini,” ujar Suryati, Senin (15/11).

Selanjutnya. webinar Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 Kota Palembang akan digelar kembali Selasa 16 November 2021 pukul 09.00  – 12.00  dengan tema “Aksebilitas dan Fitur Sosial Media bagi Penyandang Disabilitas”. Narasumber yang dihadirkan di antaranya Dr. Lintang Ratri Rahmiaji S.Sos M.Si (Dosen Ilmu Komunikasi Undip, Japelidi), Aris Yohanes Elean (Staf Tenaga Pendidik (TENDIK) SLB-A Pembina Tingkat Nasional), Sri Warih Handayani, S.Pd (Waka Kurikulum Unit Kerja SLB-B Negeri Pembina Palembang) dan Dr. M. Zawawi, M.Pd. (Staf BPSDMD Provinsi Sumatera Selatan, Pembina GERKATIN Sumsel). Pendaftaran melalui tautan : https://event.literasidigital.id/form/17921, Link Zoom:

https://us02web.zoom.us/j/3679338663.#osk

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...