Ultimate magazine theme for WordPress.

Personil Timnas Singapura Terpapar COVID-19 Jelang Piala AFF 2020

Timnas Singapura. (BP/IST)

Singapura, BP—Timnas Singapura sedang pada situasi tidak menyenangkan menjelang bergulirnya Piala AFF 2020 di Singapura. Persiapan tim Singapura menghadapi kendala setelah dua pemainnya gagal mengikuti pemusatan latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Federasi Sepakbola Singapura (FAS) pada laman resminya, mengatakan dua pemain mereka harus menjalani karantina mandiri akibat virus COVID-19. Pemain pertama yang dinyatakan positif terpapar virus mematikan ini adalah kapten tim Hariss Harun pada 3 November. Pengumuman Hariss terpapar virus diketahui satu hari menjelang keberangkatan ke Dubai.

Satu pemain lainnya yang tidak bisa bergabung dengan tim Hafiz Nor. Meski dinyatakan negatif, Hafiz mendapatkan Peringatan Risiko Kesehatan (HRW) dari departemen kesehatan setempat, karena salah satu keluarganya dinyatakan positif.

Baca Juga:  Jordi Amat dan Elkan Baggott di Lini Pertahanan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020

“Pemain tim nasional Singapura Hafiz Nor, yang awalnya akan bergabung dengan Lions di Dubai untuk kamp pelatihan, sekarang tidak bisa bepergian,” terang Federasi Sepakbola Singapura (FAS) melalui laman resminya.

“Hafiz mendapat Health Risk Warning (HRW) pada Senin, karena teridentifikasi sebagai anggota rumah tangga dari kasus positif COVID pada perintah isolasi.”

“Meski hasil tes Hafiz negatif sejak itu (Senin), dia saat ini dalam isolasi diri, dan mengikuti pedoman HRW yang berlaku sebagai bagian dari tindakan pencegahan.”

Baca Juga:  Piala AFF: Profil Timnas Vietnam Kekuatan Sang Juara Bertahan

Kondisi ini membuat FAS makin memperketat pengawasan terhadap tim nasional agar tidak ada lagi pemain yang mendapatkan masalah akibat COVID-19, sehingga persiapan bisa berjalan lancar. Apalagi Singapura bertindak sebagai tuan rumah turnamen sepakbola dua tahunan bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

“FAS akan terus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan tim nasional diprioritaskan, mengingat mereka akan melanjutkan persiapan untuk Piala AFF 2020,” tulis FAS.

Selama berada di Dubai, Singapura yang tergabung di Grup A Piala AFF menjalani dua pertandingan uji coba. Setelah dikalahkan Kyrgyztan 2-1 di Hamriyah Sports and Cultural Club, Kamis (11/11/21) malam WIB, Singapura selanjutnya akan menghadapi Maroko, Selasa (16/11). Mereka kemudian pulang untuk melakukan TC lanjutan.

Baca Juga:  Piala AFF: Profil Timnas Thailand dengan Kekuatan Penuh

Pandemi COVID-19 juga memberikan pengaruh terhadap direktur teknik FAS Joseph Palatsides yang memilih mengundurkan diri dari jabatannya efeketif mulai 31 Desember 2021 dengan alasan masalah kesehatan dan pribadi.

“Saya menyesal dan kecewa, karena keadaan COVID-19 saat ini telah memberikan pengaruh terhadap diri saya. Sayangnya, [saya] harus membuat keputusan yang sangat sulit ini untuk mengakhiri kerja sama sebelum waktunya. Berkumpul bersama keluarga pada saat seperti sekarang sangat penting,” ujar Palatides. #rid/net

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...