Ultimate magazine theme for WordPress.

Hadirkan Foto Pahlawan Sumsel SMB II dan Dr Ak Gani dalam Kelas Sekolah di Palembang

Suasana diskusi dalam rangka memperingati hari pahlawan di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam berada di Jalan Sultan Muhammad Mansyur nomor 776, 32 Ilir Palembang, Rabu (10/11) malam. (BP/DUDY OSKANDAR)

Palembang, BP—Dua  pahlawan nasional dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II dan Dr Ak Gani seakan terlupakan dari kaum milenial di Sumsel, ironisnya sekolah sebagai tempat pendidikan justru ikut melupakan dua pahlawan besar ini.

Ha  ini terungkap dalam diskusi dalam rangka memperingati hari pahlawan di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam berada di Jalan Sultan Muhammad Mansyur nomor 776, 32 Ilir Palembang, Rabu (10/11) malam.

Turut hadir diantaranya Sultan Palembang Darussalam Sultan Mahmud Badaruddin (SMBIV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH Mkn, Ersan Benyamin alias Ican selaku Ketua Komunitas Jeep Pariwisata Palembang (KJPP), budayawan Palembang  Vebri Al Lintani, sejarawan Palembang Kemas Ari Panji, aktivis lingkungan dan juga seniman Ali Goik,  tokoh pemuda Palembang Heri Mastari,  aktivis medsos dari kalangan milenial , Genta.

Budayawan Palembang, Vebri Al Lintani mengaku prihatin dengan kondisi tersebut terutama bagi kaum milenial.

Baca:  2 hari LCC Sejarah Peserta Tunjukkan Kemampuan Terbaik

“Mungkin dinas pendidikan  harus menstresing  sekolah-sekolah agar memajang foto-foto agar memasang foto pahlawan kita  dulu , nantilah dulu memasang foto dari daerah lain itu ,” katanya.

Vebri melihat mungkin 30 persen sekolah di Palembang memasang foto pahlawan dari Sumsel terutama foto SMB II.

“Tapi di kelas-kelas sekolah di Palembang malah memajang foto pahlawan dari luar,” katanya.

SMB II menurutnya tokoh Islam  yang kaffah menjaga Islam dan harga diri dari bangsa Kolonial Belanda dan Inggris malahan bergerilya sampai ke pedalaman Palembang .

Baca:  Komunitas PESE Gelar Syukuran dan Sharing Sejarah TPKS

“Nilainya sama yang diperjuangkan  SMB II sama seperti yang di perjuangkan tokoh-tokoh lain, “ katanya.

Sedangkan Sultan Palembang Darussalam Sultan Mahmud Badaruddin (SMBIV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH Mkn menilai untuk foto SMB II rata-rata banyak dipasang di SD-SD yang ada dikota Palembang.

“Kita kalau bisa di kelas-kelas  di pasang foto pahlawan dari Sumsel, karena kalau di pasang di pintu gerbang sekolah tidak efektif dan SMB IV sudah memulai itu dulu,” katanya.

Baca:  Misteri Nekara Air Puar, Lahat

Karena menurut SMB IV Kesultanan Palembang Darussalam akan membuat strategi-strategi agar pesan-pesan kepahlawanan SMB II dipahami oleh generasi muda dan SMB II di jadikan idola bagi generasi muda.#osk

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...