Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemkab OKU Peringati Hari Pahlawan

Baturaja, BP-Plh Bupati OKU Pimpin Upacara Peringatan Ke-76 Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten OKU di Halaman Kantor Bupati OKU, Rabu (10/11/2021).

Kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini tidak datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pejuang bangsa seperti yang ditunjukkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan pada  tahun 2021 ini masih seperti tahun  kemarin dilaksanakan dengan cara sederhana, peserta upacara hanya diikuti oleh perwakilan TNI, Polri,  ASN, pelajar, pramuka dan mahasiswa karena masih di berada dalam situasi pandemi Covid-19.

Plh Bupati OKU Edward Candra, pada kesempata itu membacakan sambutan Menteri Sosial Tri Rismaharini pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai hari Pahlawan ini harus kita contoh,  dengan satu tekad, berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan.

Baca Juga:  Plt Bupati Beni Hernedi Ajak Santri Muba Siap Hadapi Tantangan Global

Peringatan Hari Pahlawan setiap tahun pada tanggal 10 November setiap tahun dimaksudkan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia pada tahun 1945 di Surabaya.

Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat  menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi mengalahkan musuh bersama yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas, hal ini sejalan dengan tema hari Pahlawan 2021 Pahlawanku Inspirasiku.

Dikatakan, kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia   mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis.

Dalam 20 tahun mendatang (2020-2040) bangsa Indonesia memasuki bonus demografi yaitu periode angka depedency ratio mencapai angka minimal. Dalam priode ini terdapat lebih banyak  tenaga kerja produktif untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan.

Baca Juga:  Muba Tetap Optimis Pertahankan Gengsi Juara Umum Ajang Porprov XIII

Namun di sisi lain, terdapat juga  kecenderungan berkurangnya  lapangan pekerjaan yang harus kita antisipasi dengan cerdas dan seksama. Kenyataan ini harus kita hadapi dengan semangat wirausaha.

Melalui peringatan hari pahlawan tahun 2021, marilah kita bersama-sama, bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan,  dengan memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Selaras dengan manfaat kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan, Kemensos akan membuka kesempatan keluarga para penerima bansos yang berusia muda untuk keluar dari  kemiskinan. Untuk itu, Kemensos akan mengupayakan program graduasi melalui pendidikan vokasi serta peningkatan kemampuan  untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan berbasis penciptaan peluang baru.

Baca Juga:  Puncak API Award 2021 di Muba Dipastikan Meriah

Mari kita jadikan Hari Pahlawan dan nilai-nilai kepahlawanan ini sebagai inspirasi untuk mengisi kemerdekaan bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan masa kini yang dapat di mulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan masyarakat.

Menteri Sosial berpesan kepada anak-anak Indonesia dengan  apapun keterbatasan terus kembangkan talenta dan tidak pernah menyerah dan putus asa serta bekerja keras teruslah menjadi anak Indonesia yang sebenarnya dengan memahami dan menghormati Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945 menjadi pemenang dalam era  kehidupan normal baru.

Pada kesempatan ini, Plh Bupati OKU meminta agar selalu senantiasa dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan. Serta membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. #yan

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...