Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemilu 2024, Pendaftaran Parpol April 2022? Ini Komentar KPU Kota Palembang

Komisioner KPU kota Palembang M Joni (BP/DUDY OSKANDAR)

Palembang, BP- Komisi Pemilihan Umum (KPU)  menjadwalkan proses persiapan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta dalam rancangan tahapan dan  jadwal Pemilu Serentak 2024 dimulai pada April 2022.

Komisioner KPU kota Palembang M Joni, jika persiapan pendaftaran dan verifikasi partai politik kalau dalam program rancangan KPU RI atau tahapan memang akan dilaksanakan pada bulan April dan Agustus 2022, dan pada Desember 2022 itu ada pendaftaran vertifikasi dan penetapan partai politik.

“Terkait tahapan pemilu 2024 kita masih menunggu arahan KPU RI, dan hingga saat ini tahapan belum ada tanggal pastinya dan masih digodok KPU RI bersama DPR maupun pemerintah,” kata Joni, Selasa (9/11).

Baca Juga:  Usai Pembukaan TMMD Ke 104, Danrem Gapo Dan Muspida Deklarasikan Pemilu Damai

Menurutnya dalam verifikasi parpol sebagai peserta pemilu 2024 hal itu merupakan sepenuhnya kewenangan KPU RI, namun ia memberikan gambaran jika secara garis besar aturan regulasi dan syarat, kemungkinan sama dengan aturan lama dengan rujukan undang- undang pemilu nomor 7 Tahun 2017, yaitu parpol sudah terdaftar di Kemkumham dan ada kepengurusan ditingkat Kabupaten/ kota minimal 75 persen dan kecamatan minimal 50 persen+1.

“Untuk persyaratan dasar untuk tingkat kota (DPD atau DPC) yang pasti ada kantor tetap, memiliki keanggota 1.000 atau satu per seribu dari jumlah penduduk. Sedangkan keterwakilan 30 persen perempuan dikepengurisan hanya disarankan tidak diwajibkan,” katanya.

Meski pemilu 2024 masih sekitar 2 sampai 3 tahun lagi, namun pihaknya mulai melakukan sosialisasi khususnya untuk pelatihan bagi kader pelopor demokrasi, agar masyarakat bisa aktif terlibat dalam pemilu kedepan, untuk pemilu yang jurdil.

Baca Juga:  Sumsel Siap Hadapi Pemilu 2019

“KPU Palembang sendiri pada pronsipnya siap melaksanakan pemilu 2024 dan pilkada 2024. Saat ini, kami  sudah melakukan kegiatan sosialisasi, dimana pendanaan Kerjasama dengan Pemkot Palembang,” katanya.

Sebelumnya  sesuai rancangan KPU RI pada tahun 2022 harus menentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Kemudian juga penyusunan usulan Daerah Pemilihan (Dapil) DPRD tingkat II.

Untuk pelaksanaan proses persiapan pemilu dilakukan selama 25 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Baca Juga:  Ratusan Masyarakat Bersama KPU PALI Ikuti Pemilu Run

Selanjutnya, durasi verifikasi faktual partai politik selama tingkat provinsi, kabupaten/kota selama 53 hari, durasi pembentukan PPK, PPLN dan PPS selama 92 hari.

Durasi pemuktahiran data pemilih 30 hari, kampanye 120 hari, perubahan pemungutan suara dari tanggal 28 Februari diubah menjadi tanggal 21 Februari. Masa kerja PPK, PPS Pilkada selama enam bulan sebelum dan dua bulan setelah pilkada, durasi pencalonan kepala daerah selama 18 hari, durasi masa kampanye calon kepala daerah selama 60 hari.

Serta menyiapkan Daftar Agregat Kependudukan Kependudukan (DAK 2) dan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) dalam negeri dan luar negeri.#osk

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...