Ultimate magazine theme for WordPress.

5 Tanaman Untuk Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

Palembang, BP – Musim hujan membuat tubuh rentan terhadap sakit dan penyakit. Apabila daya tahan tubuh tidak terjaga dengan baik, tubuh menjadi mudah sakit selama musim hujan.

Untuk itu, perlu menjaga imunitas tubuh selama musim hujan. Salah satunya, memiliki tanaman penambah kekebalan tubuh.

Dilansir dari alodokter.com, Senin (8/11), berikut ini lima tanaman penambah kekebalan tubuh yang perlu dimiliki saat musim hujan.

1. Bawang putih
Bumbu dapur ini ampuh menciptakan senyawa kuat yang disebut allicin. Saat dikunyah, diiris, atau dicincang, senyawa ini akan membentuk komponen yang bersifat antibakteri, antijamur, antivirus.
Penelitian juga menunjukkan bawang putih dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antiperadangan.
Studi lain menyebut, orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih lebih jarang terkena flu, batuk, dan pilek. Jika terkena penyakit tersebut pun, durasinya lebih pendek.
Agar bisa menikmati manfaat maksimal bawang putih, takaran yang direkomendasikan adalah satu sampai dua gram bawang putih segar, dua kali sehari.

2. Jahe
Jahe adalah tumbuhan yang rimpangnya sering digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan baku pengobatan tradisional.
Ramuan yang luar biasa ini telah digunakan dalam sistem pengobatan kuno untuk pengobatan berbagai penyakit seperti pilek, mual, radang sendi, migrain, dan hipertensi.
Bahan makanan ini wajib ada di dapur. Selain bisa mengobati sakit perut, jahe juga bisa menjaga kekebalan tubuh di musim penghujan.
Cara mengonsumsinya juga cukup mudah. Kita bisa menambahkan rempah-rempah ini ke dalam masakan, dibuat minuman, atau ditambahkan ke dalam jus.
Kandungan dalam jahe di antaranya antimikroba, antibiotik, dan antiinflamasi.
Namun yang perlu diperhatikan, batasi konsumsi jahe untuk perempuan yang sedang hamil. Konsumsinya tidak boleh lebih dari dua gram sehari.

Baca Juga:  Waspadai 3 Penyakit Musim Hujan Saat Banjir dan Pencegahannya

3. Jeruk Nipis
Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk nipis, selain itu kiwi, pepaya, stroberi, nanas, sampai mangga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Banyak orang terserang batuk, pilek, atau flu saat tubuhnya kekurangan vitamin C dan lingkungan sekitarnya tidak sehat.
Jeruk mengandung tinggi vitamin C. Jika Anda sering mengonsumsinya, sistem kekebalan tubuh Anda semakin kuat, sehingga dapat mencegah flu di musim hujan.
Buah jeruk tinggi magnesium konten. Jeruk membantu menstabilkan tekanan darah Anda. Khusus bagi penderita tekanan darah rendah, konsumsilah buah jeruk sebelum Anda mulai beraktivitas ya. Karena buah kaya vitamin C ini membantu menormalkan tekanan darah Anda.
Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari vitamin C, dosis yang direkomendasikan adalah 75 mg untuk perempuan di atas 19 tahun. Untuk beberapa kondisi, dosisnya perlu ditambah.
Selain itu Sifat antioksidan dari buah jeruk memberikan kulit yang sehat. Apalagi di saat hamil, kulit akan tampak bersinar dan tidak menimbulkan stretch mark di bagian perut.

Baca Juga:  Bahaya Obesitas bagi Kesehatan, Pemicu Berbagai Penyakit Berat

4. Daun Sungkai
Daun sungkai dapat berperan sebagai anti inflamasi serta antioksidan, sehingga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat membantu pemulihan sakit flu dan sariawan. Namun, belum banyak bukti ilmiah yang menyatakan dosis dan ukuran/jumlah yang tepat agar aman dikonsumsi, sehingga sebaiknya tidak mengkonsumsinya terlalu banyak dan terlalu sering. Daun ini dapat dikonsumsi dalam bentuk air rebusan, seperti jamu pada umumnya. Untuk olahan daun sungkai dengan bahan lain, hal ini tidak masalah, tapi kemungkinan dapat mengurangi khasiat dari tanaman tersebut dikarenakan proses pemanasan dengan suhu yang tinggi (jika menggunakan alat dengan suhu yang lebih tinggi dari cara merebus).

Baca Juga:  Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Fit Saat Musim Hujan Tiba

5. Binahong
Binahong dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa menumpas sejumlah penyakit. Sebelum mengonsumsi ada baiknya Anda kenali dulu efek samping dan manfaat binahong untuk kesehatan.

Binahong merupakan tanaman rambat yang menyimpan banyak manfaat. Biasanya, tanaman binahong banyak dibudidayakan di pekarangan. Tidak heran, binahong termasuk dalam Tanaman Obat Keluarga (TOGA).
Daun binahong sering dijadikan obat herbal.
Dilansir dari buku berjudul 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya karya Drs. H. Arief Hariana, daun binahong mengandung flavonoid, saponin, asam askorbat, dan protein.
Daun binahong memiliki efek farmakologis antibakteri, antivirus, analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi.
Kaya akan antioksidan membuat daun binahong dipercaya efektif mengobati sejumlah penyakit.
Saat musim penghujan dimana kondisi cuaca sedang tidak menentu, agar tidak mudah sakit Anda sebaiknya menjaga daya tahan dan stamina tubuh tetap maksimal.
Daun binahong bisa di manfaatkan untuk meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh. Anda cukup merebus satu lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai menyisakan setengahnya. #rid

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...