Ultimate magazine theme for WordPress.

6 Jenis Makanan yang Nikmat di Santap Saat Hujan Tiba, Nomor 4 Bikin Ngiler

Jakarta, BP – Saat musim penghujan tiba, kerap dibeberapa daerah hampir setiap hari akan mengalami hujan. Saat hujan tiba, salah satu hal yang paling asik adalah makan. Mengonsumsi makanan hangat di kala hujan bukan hanya hal yang nikmat, melainkan juga bisa menghangatkan tubuh.
Berikut beberapa makanan hangat yang pas dan asik disantap saat musim hujan:
1. Bakso
Bakso adalah salah satu makanan berkuah yang kerap dicari saat hujan datang. Bakso terdiri dari gilingan daging sapi yang dibentuk bulat, kemudian dicampurkan dengan bumbu dapur dan kaldu sapi.
kuah bakso yang hangat dan bumbu yang gurih dan segar tentu akan menyegarkan perut disaat hujan tiba. Kini, bakso memiliki beragam varian.
Ragam bakso seperti bakso mercon, bakso yang didalamnya terdapat saus cabai segar yang menggugah selera. Varian lain seperti isi tomat hingga mozzarella.
2. Seblak
Identik dengan rasa pedas, sederhana, murah dan praktis, ini juga bisa menjadi pilihanmu bersantap saat hujan.
Makanan yang memiliki cita rasa pedas menantang ini biasanya berisi kerupuk yang direbus, kuah cabai, ceker ayam, makaroni, bakso, dan lain-lain.
Seblak yang memiliki cita rasa pedas dan gurih ini juga memiliki sayuran di dalamnya, lalu protein seperti telur dan olahan daging lainnya.
Bumbu seblak sangat sederhana, bisa terbuat dari cabai, bawang merah dan bawang putih, daun bawang, tomat, kencur, dan lain-lain.
3. Mie Aceh
Kalau suka mi dan cari makanan pedas saat hujan tiba, kamu bisa menyantap mi Aceh. Rasa pedas dari cabai dan jahe terasa sampai ke pangkal lidah. Tekstur mi yang kenyal dan tidak mudah putus, lalu ada juga potongan sayur kubis dan tauge.
Kamu juga bisa menikmati mi Aceh yang divariasi dengan aneka isian seperti kepiting, daging kambing, hingga ragam seafood.
4.Model Palembang.
Merupakan salah satu makanan khas Palembang. Bahan-bahannya yakni ikan tenggiri, tahu China, tepung sagu, dan telur, serta disajikan bersama dengan kuah udang yang khas. Model mirip dengan tekwan. Namun bedanya model menggunakan tahu China. Model bisa ditemukan di penjual kaki lima pempek atau restoran pempek yang ada di Palembang. Bagi yang berada diluar kota saat ini sudah banyak tersedia jual paket model beserta bumbunya secara online baik itu di instagram, Facebook atau shoppe.
5. Rawon
Kuliner khas Jawa Timur, Rawon menjadi salah satu kuliner jenis sup paling enak se-Asia oleh TasteAtlas pada 2020.
TasteAtlas merupakan situs berbasis di Kroasia yang berisi konten masakan tradisional, makanan lokal, resep otentik, dan ulasan pakar kuliner.

Baca Juga:  Sentra Kuliner Baru, Hidupkan Pasar 16 di Malam Hari

Di luar negeri, Rawon disebut dengan nama ‘Black Soup’ karena warna hidangan Rawon berwarna hitam. Rawon memiliki cita rasa khas dengan aroma dan rasa yang menggugah selera. Daging sapi yang merupakan komposisi utama dalam Rawon dimasak hingga empuk. Rasa hidangan Rawon merupakan perpaduan dari rasa manis, gurih dan legitlegit.
Warna hitam dari kuah Rawon berasal dari buah kepayang atau sering disebut dengan kluwak. Meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur,  Rawon juga dikenal luas oleh oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur terutama daerah Surakarta.
6. Sate Padang
Sate dengan bahan daging sapi, lidah atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

Baca Juga:  Launching WI-Air Asia, sekaligus Festival Kuliner Nusantara 2016

Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas. Menyantapnya selagi hangat disaat hujan tiba sungguh nikmat tak terkira. #rid

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...