Ultimate magazine theme for WordPress.

Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Fit Saat Musim Hujan Tiba

Jika hujan sedang turun, sebaiknya hindari terkena hujan secara langsung. (BP/IST)

Palembang, BP—Tak lama lagi masuk bulan November, musim penghujan segera tiba. Diperlukan daya tahan tubuh tetap kuat dan sehat di tengah musim hujan. Udara dingin, lembap dan mendung yang identik dengan musim hujan bisa membuat daya tahan tubuh menurun, apalagi aktivitas fisik cenderung menurun. Jika kita tidak berhati-hati, penyakit mudah menyerang.

Di masa pandemi seperti sekarang, menjaga daya tahan tubuh adalah modal dasar kita terhindar dari virus.
Berikut tips menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di kala musim hujan:

1. Jaga kebersihan pribadi
Cara utama menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan adalah dengan jaga kebersihan pribadi. Ada banyak virus dan bakteri yang mengintai di sekitar kita dan menunggu untuk menyerang orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Mencuci tangan, mandi setelah bepergian, hingga memakai masker.

Baca Juga:  Waspadai 3 Penyakit Musim Hujan Saat Banjir dan Pencegahannya

2. Perkuat imunitas dengan konsumsi vitamin
Cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan adalah dengan memperkuat imunitas. Cara terbaik untuk memulai sistem pertahanan adalah mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung vitamin, serat, dan mineral. Jika diperlukan, konsumsi suplemen. Minum teh hijau juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, lho!

3. Gunakan pakaian dan alas kaki yang kering
Apabila kamu sering menghabiskan waktu di luar rumah, sebaiknya siapkan pakaian dan alas kaki ekstra yang bisa kamu pakai saat bajumu basah karena terkena air hujan. Pakaian dan sepatu basah sering menjadi rumah bagi mikroba, begitu pula cucian kotor. Pastikan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang bersih dan benar-benar kering untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan. 4. Bersihkan lingkungan rumah

Baca Juga:  Tidur Pakai Bra Bisa Ganggu Kesehatan, Ini 5 Masalah yang Sering Muncul

5. Kurangi jajan sembarangan
Cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan lainnya adalah dengan mengerem kebiasaan jajan sembarangan. Jajanan di pinggir jalan memang menggoda. Namun, sebaiknya batasi dulu sementara waktu keinginan untuk jajan jika kita tidak yakin dengan kebersihan tempat dan bahan-bahan yang digunakan.

6. Rebus sayuran dengan benar
Sayuran mentah bisa membawa kuman. Mencuci sampai bersih dan merebusnya adalah yang paling benar. Jika kamu menyukai lalapan atau jus sayuran, sebaiknya cuci dengan air matang sebelum dikonsumsi mentah.

7. Tidur cukup
Kurang tidur tidak hanya akan membuatmu sulit konsentrasi, tetapi juga lemas. Ini juga akan membuat daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki jam tidur yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan

Baca Juga:  Bahaya Obesitas bagi Kesehatan, Pemicu Berbagai Penyakit Berat

8. Mandilah setelah kehujanan
Jika kamu basah kuyup karena kehujanan, segera mandi dan keringkan rambut. Rambut dan pakaian yang lembap dapat menarik virus penyebab flu. Jika sudah terjangkit flu, mandilah dengan air hangat. Ini akan mencegah virus menyebar dan mengatasi sakit tenggorokan yang mungkin kamu derita akibat flu.

9. Lakukan olahraga
Olahraga ringan setiap hari dapat menjaga tubuh tetap bugar dan stres pun berkurang. Mengutip dari Healthline.com Kamis (4/11), aktivitas fisik saat berolahraga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengalirkan oksigen ke aliran darah, sehingga berdampak langsung kepada otak Anda.

10. Hindari terkena hujan langsung
Bagi beberapa orang, terkena hujan secara langsung dapat membuat drop tubuh. Sebab itu jika hujan sedang turun, sebaiknya hindari terkena langsung air hujan. #rid

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...