Ultimate magazine theme for WordPress.

SMB IV: Sumsel Harus Punya Regulasi Khusus Soal UMKM

Palembang, BP- Samantha Herman Deru, Koordinator International Council For Small Business (ICSB) Sumatera selatan, akan mendorong regulasi seiring dengan mengeliatnya UMKM dimasa pandemi ini disela peresmian Taman UMKM yang diselenggarakan oleh komunitas UMKM Masyarakat Berdaya, Kamis (28/10).

“Menggeliatnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan Regulasi ataupun peraturan Daerah (Perda) yang mengkhususkan mendorong dan melindungi UMKM agar Usaha Kecil dan menengah bisa berdaya”,  kata Samantha.

Menurutnya dengan banyaknya enterpreuner yang lahir menandakan bangkitnya perekonomian Sumsel seiring melandainya Pandemi covid 19 di Sumatera Selatan ,” kata Samantha

Baca Juga:  SMB IV Ditunjuk Sebagai Pembina Fopi Kota Palembang

Bangkitnya UMKM di Sumsel butuh keterlibatan banyak terutama peran mini market modern yang masih sangat kurang menyerap produk UMKM lokal.

“Memaksimalkan bangkitnya UMKM di Sumsel tidak cukup dengan mendirikan komunitas-komunitas yang menaungi UMKM,  perlu adanya komitmen yang serius dari lagu pemilik mini market modern yang keberadaannya saat ini hampir memenuhi sudut kota di Sumsel, perannya masih dirasakan cukup kurang untuk menyerap produk UMKM lokal dan persoalan ini akan menjadi perhatiaan khusus ICSB Sumsel,” katanya.

Baca Juga:  “Nedokke 7 Jando di Rumah Baru”, Tradisi yang Hampir Dilupakan di Palembang

 

Selain masalah peran mini market modern yang kurang menyerap produk UMKM lokal, menurutnya saat ini ICBS juga akan mendorong pemerintah provinsi Sumsel untuk mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) khusus dalam mengembangkan. UMKM, karena dari lahirnya Perda tersebut tentu saja akan memperkuat pembangunan UMKM di Sumsel.

Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH Mkn mengatakan sepakat apa yang diusulkan Samantha Herman Deru agar Sumsel mempunyai regulasi khusus soal UMKM

Baca Juga:  SMB IV Ajak Pemerintah dan Masyarakat Selamatkan Manuskrip Kuno di Palembang dan Sumsel

“Saya yakin Provinsi Sumatera Selatan dengan begitu banyak potensi sumber daya baik alam dan manusianya mampu menjadi provinsi yang mampu mengembangkan UMKM yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” kata Fauwaz Diraja.#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...