Ultimate magazine theme for WordPress.

UMKM Dapat Manfaatkan Medsos Agar Lebih Berkembang

Muzhar Apandi, S.IP, M.Si Ketua Komunitas MOJO Sumsel saat menjadi narasumber pada pelatihan dan gathering UMKM Kegiatan Pengembangan Industri Panganan Lokal yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Hotel Swarna Dwipa, Jumat (22/10). (BP/IST)

Palembang, BP– Di era masa kini masyarakat semakin dekat dengan dunia internet, semakin memudahkan dalam berkomunikasi antara sata sama lain dan menghilangkan sekat jarak dan waktu.

Media penyampai pesan saat ini tak hanya dipegang oleh media massa. Media Sosial semakin menujukkan jati diri bahwa tak hanya dapat digunakan sebagai sarana sharing penggunanya, namun juga berbagai informasi bahkan promosi bisnis.

Baca Juga:  Membuat Konten Menarik dengan Smartphone

Muzhar Apandi, S.IP, M.Si Ketua Komunitas MOJO Sumsel mengatakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) semestinya dapat memanfaatkan hal ini. Media Sosial atau medsos dapat dijadikan sarana promosi yang murah meriah.

” Kendala jarak, waktu, dan tempat dapat dieliminir jika pelaku UMKM dapat  memanfaatkan Medsos dengan sebaik-baiknya” ujar Aan Muzhar, yang juga Kamerawan TVRI ini saat menjadi narasumber pada pelatihan dan gathering UMKM Kegiatan Pengembangan Industri Panganan Lokal yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Hotel Swarna Dwipa, Jumat  (22/10).

Baca Juga:  Membuat Konten Menarik dengan Smartphone

Ditambahkannya, selama ini permasalahan klasik yang dihadapi UMKM adalah permasalahan modal dan pemasaran.

 

Permasalahan minimnya modal, dapat diatasi dengan mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial  yang tidak membutuhkan biaya yang besar bila menggunakan cara konvensional selama ini.

“Tinggal lagi, kemauan dari pelaku UMKM itu sendiri agar mau dan optimis untuk mengembangkan usahanya.  Diantaranya dengan menonjolkan produk yang baru, beda, dan unik sehingga masyarakat tertarik untuk membeli produk yang dijual UMKM tersebut,” katanya.#osk

Baca Juga:  Membuat Konten Menarik dengan Smartphone

 

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...