Ultimate magazine theme for WordPress.

Dua RW di Plaju Palembang Raih Penghargaan ProKlim 2021, Harnojoyo: Jadi Motivasi Kelurahan Lainnya

Wali Kota Palembang Harnojoyo saat diwawancarai seusai menerima penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara virtual di Rumah Dinasnya, Selasa (19/10). (BP/Ric)

Palembang, BP – Dua RW di Kelurahan Plaju Palembang mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK kepada Wali Kota Palembang Harnojoyo secara virtual di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Selasa (19/10).

Harnojoyo mengungkapkan kebersyukurannya atas diraihnya penghargaan ProKlim 2021 dari KLHK untuk RW 2 dan RW 6 dikelurahan Plaju Palembang.

“Banyak hal yang dinilai yang melibatkan masyarakat. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi kita bagi semua kelurahan untuk sama-sama melihat kampung Iklim yang ada di kelurahan Plaju,” ujarnya kepada Berita Pagi sesuai menerima penghargaan di Rumah Dinasnya, Selasa (19/10).

Dengan adanya penghargaan ini, Ia mengajak kepada semua camat dan lurah di Kota Palembang untuk peduli lingkungan karena bahwa sesuatu yang baik seperti ini akan dihargai.

Baca Juga:  Sengketa Masih Bergulir, Pemkot Tetap Berencana Bangun Islamic Center di Pulau Kemaro

“Atas penghargaan ini kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pak RW yang ada di Plaju ini. Apa yang dilakukan sudah sangat bagus sesuai dengan misi Palembang dan Gubernur untuk membangun kota layak huni tidak hanya di kelurahan Plaju. Ini hanya sekadar merupakan motivasi bahwa kita bisa untuk menjadikan kota ini peduli dengan lingkungan,” kata Harnojoyo.

Sementara itu, Camat Plaju Ahmad Furqon menjelaskan bahwa banyak sekali yang menjadi aspek penilaian dari penghargaan ProKlim dari KLHK tersebut.

” Aspek penilaiannya sangat banyak, kemarin saja aspek penilaian yang dari tahun kemarin kami ikut. Di awal tahun itu kami sudah persiapan dan memang itu sudah ada kriteria-kriteria yang ditentukan bahkan ada kuisioner dan blanko yang kita isi dan itu pendampingan dari kawan-kawan LHK dan masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tahun Ini Tidak Ada Penerimaan CPNS  

Selain itu, ia mengatakan bahwa tahun ini dari aspek penilaian pun ada yang berbeda yakni ada penerapan aplikasi sipekturm, jadi segala potensi yang ada di masyarakat itu diaplikasikan di dalam aplikasi sipekturm misalnya ada pengelolaan sampah difoto nanti dimasukkan seperti GPS gitu jadi bisa dipantau langsung oleh KLHK dimana titik lokasinya.

“Itulah Memang agak berat untuk kegiatan ini tapi Alhamdulillah dari sebelas kampung setingkat RW kami kirim dari kecamatan Plaju. Alhamdulillah dua kecamatan kita mendapatkan penghargaan dari pemerintah yakni KLHK,” ujarnya.

Baca Juga:  Belum Bayar Hutang Ke Pihak Ketiga, JAMP Tuding TAPD Kota Palembang Tidak Becus Kelola Keuangan

Furqon juga mengatakan kedepan akan menargetkan penghargaan kriteria tertinggi yakni ProKlim lestari, yang mana dia menambahkan sebetulnya kelurahannya telah menargetkan ikut tahun ini namun karena ada persyaratan administrasi yang belum lengkap karena baru satu tahun pembinaan syaratnya harus dua tahun.

“Kurang syarat, tapi untuk potensinya kemarin itu sangat besar dan sangat mendukung karena memang administrasinya harus dilakukan pembinaan itu selama dua tahun. Mungkin tahun depan akan kita rebutlah untuk ProIklim Lestari dan setiap tahun kami akan ikut progam-program kampung iklim ini sehingga dikecamatan Plaju ini nanti sudah terkondisi seluruhnya menjadi kampung iklim,” pungkasnya. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...