Ultimate magazine theme for WordPress.

Hadiah Pemenang Piala Thomas 2020, Lebih dari Sekedar Nilai Uang

Timnas bulutangkis Indonesia, usai menjuarai kejuaraan bulutangkis dunia, Thomas Cup 2020. (BP/IST)

Jakarta, BP – Event olahraga bulutangkis bergengsi dunia, Thomas dan Uber Cup 2020 telah resmi berakhir pada (17/1/21) waktu Aarhus, Denmark. Setelah ditunda setahun karena pandemi Covid-19, event ini menjadi kenangan manis bagi tim Thomas Cup Indonesia.

Setelah puasa gelar sejak 19 tahun yang lalu, Piala Thomas akhirnya kembali bisa dibawa ke Indonesia, setelah sejak 2002 melanglang buana ke berbagai negara di dunia.

Kemenangan 3-0 atas China membuat Indonesia berhak mengangkat Piala Thomas sebagai bukti tim terbaik saat ini.

Lalu berapa hadiah untuk kemenangan Thomas Cup ini.
Dikutip dari The Sports Grail, Senin 18 Oktober 2021, Badminton World Federation (BWF) menguraikan skema pembagian hadiah di turnamennya. Misalnya, pada BWF World Tour 2018, pol hadiah yang disediakan oleh BWF senilai US$1,5 juta atau sekitar Rp21,34 miliar jika menggunakan kurs rupiah saat ini.
Para pemenang akan mendapatkan hadiah senilai US$120 ribu sekitar Rp1,71 miliar. Angka ini merupakan 8 persen dari total pol yang disediakan BWF.
Sementara pemain ganda akan mendapatkan hadiah senilai US$126 ribu (Rp1,79 miliar) dan runner up senilai US$60 ribu (Rp853,65 juta).

Juara keempat juga mendapatkan hadiah yang menarik. Masing-masing pemenang tunggal mendapatkan hadiah US$9 ribu (Rp128,05 juta) dan ganda US$10.500 (Rp149,39 juta).

Bagaimana dengan Turnamen Lainnya?
Bicara tentang turnamen level 2 dan 3, para pemenang akan mendapatkan 7-8 persen dari total hadiah uang yang disediakan. Baru-baru ini, England Open, China Open, dan Indonesia Open, mengumumkan hadiah turnamen.

Turnamen England Open dan China Open menyediakan pol hadiah uang senilai US$1 juta (Rp14,23 miliar), sementara Indonesia Open US$1,25 juta (Rp17,78 miliar).
Ini berarti para pemenang akan mendapatkan hadiah senilai US$87.500 (Rp1,24 miliar) untuk pemain tunggal dan US$92.500 (Rp1,32 miliar) untuk ganda. Angka ini naik senilai US$15 ribu (Rp213,41 juta) dari musim sebelumnya.
Sementara itu, para pemenang turnamen level 4 dan 6 juga akan mendapatkan hadiah senilai 7 persen dari pol hadiah.

Bagaimana dengan hadiah turnamen Piala Thomas dan Uber?.
Piala Thomas dan Uber merupakan salah satu turnamen badminton terbesar setelah World Championship dan England Open.

Tak ada hadiah spesifik untuk turnamen ini.
Kebijakan tersebut telah diberlakukan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sejak gelaran kejuaraan dunia pertama pada 1977 silam. Meski tidak mendapat hadiah berupa uang, namun terdapat gengsi dalam memenangkan kejuaraan dunia bulu tangkis ini yang lebih dari sekedar nilai uang. Pasalnya, Piala Thomas merupakan ajang kejuaraan bergengsi, lambang supremasi bulu tangkis bagi atlet negara yang ikut serta. Dan untuk negara asal pemenang, bendera asal pemenang akan dikibarkan di podium.

Namun sayangnya, pada pada Thomas Cup 2020 kali ini bukan bendera Merah Putih yang berkibar di Aarhus, melainkan bendera PBSI.
Hal ini disebabkan oleh sanksi yang dijatuhkan Badan Antidoping Dunia kepada Indonesia karena tidak patuh terhadap regulasi pelaporan antidoping. #rid

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...