Ultimate magazine theme for WordPress.

Gempa Guncang Bali, Hingga Sabtu Sore Jalur Darat di Tiga Desa Tertutup Longsor

Akses jalan dilokasi gempa tertutup material longsor. BP/IST)

Kintamani, BP – Gempa mengguncang Bali berkekuatan magnitudo 4,8 pada Sabtu (16/10/21) dini hari menyebabkan tiga desa di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli terisolasi.

Ketiga desa itu terisolasi lantaran satu-satunya jalur darat yang menghubungkan wilayah mereka dengan Kota Bangli tertimbun material longsor dampak gempa Bali.

Adapun tiga desa yang terisolasi itu adalah Desa Trunyan, Desa Abangsongan, dan Desa Abang Batudinding yang dihuni oleh ratusan kepala keluarga (KK).

“Transportasi warga saat ini tidak bisa melalui darat karena memang berdasarkan pengamatan kami ada empat titik longsoran dari Bukit Abang yang menutup jalur dari Desa Abang Batu Dinding sampai ke Desa Trunyan dengan material yang cukup banyak, seperti pasir dan batuan besar,” ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli, Ketut Agus Sutapa kepada media.

Hingga Sabtu sore, akses jalan ke tiga desa tersebut belum dapat dibuka karena sejumlah kendala cuaca yang kurang mendukung serta kondisi tanah yang masih labil sehingga dapat membahayakan keselamatan tim yang akan membersihkan material longsor.

“Tadi saya sudah di lokasi bersama teman-teman untuk melakukan pembersihan jalur, namun tiba-tiba ada material dan bongkahan batu besar dari atas sehingga personel dan alat berat yang sudah disiapkan tidak dapat melanjutkan pembersihan,” katanya pada media.

Selama jalur darat tertutup longsor, warga tiga desa yang terisolasi itu tetap bisa menuju ke Kota Bangli menggunakan moda transportasi air melalui Danau Batur.

“Mudah-mudahan, besok pagi kondisi cuaca dan tanah sudah stabil sehingga kami bisa bekerja secara maksimal dan jalur yang tertutup material longsor bisa kembali dilalui oleh masyarakat,” kata Ketut.

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali melaporkan, sejauh ini tercatat ada tiga korban meninggal dunia akibat gempa magnitudo 4,8 yang terjadi pada Sabtu dini hari tadi.

Korban jiwa akibat gempa Bali itu ditemukan di Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Bangli. Selain itu, gempa juga menyebabkan enam orang mengalami luka berat, 10 orang luka ringan, satu orang trauma tekanan di perut dan satu orang cedera ringan di kepala. #rid

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...