Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemkot Minta Nakes di Puskesmas Bertanggung Jawab dengan Tugasnya

Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda. (BP/IST)

Palembang, BP – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan mengevaluasi standar pelayanan minimal (SPM) di fasilitas kesehatan tingkat Puskesmas.

Rencana perubahan itu sebagai upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khusunya tenaga medis (nakes) di unit layanan kesehatan.

“Dengan SDM puskesmas yang baik, warga Palembang bisa mendapatkan layanan optimal sehingga tidak perlu ke rumah sakit, terutama saat mengatasi gejala sakit ringan dan sedang,” ujar Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda, Rabu (13/10).

Selain melakukan evaluasi SPM di Puskesmas, Fitrianti mengungkapkan Pemkot Palembang juga berupaya meningkatkan disiplin warga terkait protokol kesehatan (prokes).

Baca:  Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Untuk Pelajar di Palembang Sudah 86 Persen

“Masyarakat diharapkan selalu menerapkan prokes, seperti menjaga jarak fisik secara ketat ketika ke luar rumah atau berada di pusat keramaian,” kata dia.

Ia mengatakan, upaya meningkatkan kualitas SDM di pusat kesehatan masyarakat perlu dievaluasi rutin secara berkala. Seperti memberikan kesempatan kepada nakes dan nonmedis mengikuti pelatihan.

“Termasuk bimbingan teknis dan seminar terkait kesehatan masyarakat, atau perbaikan pelayanan masyarakat,” sambungnya.

Ia melanjutkan, SDM Puskesmas Palembang yang berkualitas diharapkan dapat memberi pelayanan prima namun fleksibel dan mampu mengelola keuangan dengan optimal.

Baca:  Pemkot Gelar Pameran Temporer Museum “Palembang: Singasana Rempah Nusantara”

“Semua petugas puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan bisa bertanggung jawab dengan tugasnya, dan memperhatikan azas keadilan serta kepatutan,” pungkasnya. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...