Ultimate magazine theme for WordPress.

Indonesia Disanksi Badan Anti Doping Dunia, Tak Boleh Jadi Tuan Rumah Event Olahraga

Markas World Anti Doping Agency di Montreal, Canada. (BP/IST)

Montreal, BP – Indonesia bersama dua negara lainnya, Korea Utara dan Thailand, kena sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA), Kamis (7/10/21).

Indonesia dan Korea Utara dianggap tak menerapkan program tes doping yang efektif, sementara Thailand tak menerapkan sepenuhnya Kode Anti-Doping Tahun 2021.

Dampaknya, Indonesia, Korea Utara dan Thailand tidak bisa menjadi tuan rumah kompetisi olahraga di tingkat regional, benua, maupun dunia, selama masa penangguhan, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (8/10).

Dalam masa ini, perwakilan dari ketiga negara juga tidak bisa duduk sebagai anggota dewan di komite sampai statusnya dipulihkan atau untuk jangka waktu 1 tahun, mana yang lebih lama.

Baca:  WADA Sanksi Indonesia, Menpora Zainudin Amali: Sanksi WADA Bisa Dicabut

Meski demikian atlet dari tiga negara tersebut masih diizinkan mengikuti kompetisi di kejuaraan regional, benua, maupun internasional, namun bendera nasional dari ketiga negara tersebut tidak boleh dikibarkan, selain ajang Olimpiade.

Diketahui World Anti-Doping Agency (WADA) adalah badan anti doping dunia merupakan sebuah badan yang dibentuk atas prakarsa Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada 10 November 1999 di Lausanne, Swiss untuk memerangi penggunaan obat-obatan terlarang dalam olahraga. Ketuanya sekarang ini adalah Richard Pound, mantan wakil presiden IOC. Dalam suatu pemungutan suara tahun 2001. Saat ini WADA bermarkas di Montreal, Kanada.
Hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Indonesia terkait sanksi tersebut. #rid

Baca:  WADA Tak Larang Indonesia Gelar MotoGP dan World Superbike, Ini Alasannya
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...