Ultimate magazine theme for WordPress.

Kehidupan Serba Online Miliki Kecakapan Digital Yang Baik

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Kota Palembang yang digelar, Selasa (5/10) pukul 09.00  – 12.00 dengan tema “Belajar Digital yang Mudah, Murah dan Aman” (BP/IST)

Palembang, BP- Kehidupan serba online  kini sudah menjadi hal biasa . Agar dapat beradaptasi dengan kondisi tersebut, kita harus memiliki kecakapan digital yang baik.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Kota Palembang yang digelar, Selasa (5/10) pukul 09.00  – 12.00 dengan tema “Belajar Digital yang Mudah, Murah dan Aman” dengan menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Dian Ikha Pramayanti, S.Pt., M.Si (Dosen dan Penulis), Dr.rer.nat. Doni Yusri, SP., MM (Dosen dan Praktisi), H. Ridwan Nawawi,S.Ag.,M.Si. (Kepala SMA Negeri 13 Palembang), dan  Dra. Nurdwin Indriyanti (Kepala SMA Negeri 7 Palembang)

Moderator Hafidz Dzaki memberikan juga ruang bagi Key Opinion Leader:@pinieyes (Presenter @jtv_rek, Putri Indonesia Jawa Timur, Miss Internet Indonesia 2017, MC) untuk berbagi tips dan pengalaman.

Narasumber pertama, Dian Ikha Pramayanti, S.Pt., M.Si (Dosen dan Penulis) yang dengan sangat lugas memaparkan materi selama 29 menit. “Sebelum tau tentang digital masih dimaklumi tapi kalau sudah tau jangan lakukan hal- hal berikut misalnya ketika sedang membuka internet tutorial cara make up. Tiba-tiba ada iklan senada. Itu babel filter yang menjebak mesin pencarian. Jika hal positif tak masalah tapi kalau yang muncul itu film atau video porno maka ini yang merusak,” ujar Dian.

Selanjutnya, Dian pun mencontohkan beberapa beberapa teknologi yang mempergunakan digital skill misalnya di negara luar seperti Amerika Serikat yang menggantikan mesin kasir. Namun meski demikian tetap waspada dengan mengecek kembali struk pembelian karena mesin itu juga dikendalilan manusia.

Baca:  Ini Cara  Melawan Perundungan Digital

Tips, kalau lagi galau jangan pegang hape nanti buat komen yang menyinggung orang karena jejak digital akan tetap ada. Selanjutnya sekarang sedang marak desain grafis yang bisa diikuti karena sangat positif. 10 profesi yang bisa digeluti bersinar 2025 uto sma atau smk al data analis.bisnis development, digital  pembelajaran digital yang aman juga dipaparkan.

Dr.rer.nat. Doni Yusri, SP., MM (Dosen dan Praktisi) sebagai narasumber kedua memaparkan materi tentang Keamanan Digital selama 20 menit. “Pemgoptimalan internet atau digital. Tips dan tata cara penggunaan yang aman. Kita saat ini dihadapkan pada dua dunia yaitu dunia nyata dan maya. Keduanya harus diperhatikan dengan seimbang. Dosen di Institut Pertanian Bogor yang juga memiliki beberapa perusahaan ini mengatakan kita selalu berbagi manfaat kepada orang lain termasuk dalam dunia digital. Gadget yang selama sekian jam mendampingi kita harusnya digunakan untuk hal bermanfaat,” ujar Doni yang juga memaparkan tips belajar online aman. Internet sehat harusnya ketika digunakan beri nilai positif kepada penggunanya. Hiburan menarik dan berguna. Tips berinteraksi, bertransaksi yang aman.

Jika tiba-tiba ada konten masuk ketika.kita sedang menggunakan internet maka hapus saja ketika kita merasa terusik, Jangan dibuka karena ketika kita membuka maka inilah awal kita terjebak dengan tujuan konten itu mengintai kita jika dia ada maksud negative,” tambah Doni.Ridwan Nawawi,S.Ag.,M.Si. (Kepala SMA Negeri 13 Palembang) sebagai narasumber ketiga di hadapan peserta webinar yang juga sebagian para pelajar menyebutkan bahwa dirinya akan menyampaikan hal-hal yang sederhana sesuai dengan kapasitas para siswa. “Saya ingin menyampaikan dengan cara yang sederhana sesuai dengan mayoritas peserta adalah para anak didik kami,” ujarnya.

Baca:  Begini Cara Berekspresi di Dunia Digital

Narsum menyebutkan dengan berbagai kemudahan yang ditampilkan akses digital maka kemungkinan ada dampak buruknya juga dan itulah yang perlu diwaspadai. Tips memilih misalnya dengan mendapatkan konten-konten positif dan berguna.

Dra. Nurdwin Indriyanti (Kepala SMA Negeri 7 Palembang) pun memberikan pencerahan yang sama. Sebagai seorang pendidik, Nurdwin lebih memberikan pengarahan kepada para peserta pelajar agar lebih berhati-hati dan tidak terjebak di dunia internet.

Webinar yang secara nasional sudah dibuka oleh Presiden Joko Widodo, yang sengaja bertujuan mencerdaskan  masyarakat Indonesia ini, tetap diselenggarakan dengan memberikan fasilitas gratis kepada seluruh peserta bahkan para peserta diberikan e-sertifikat dari Kementerian Kominfo dan juga bagi peserta yang beruntung akan mendapatkan voucher menarik dari panitia.

Dukungan penuh pun diberikan Pemerintah Kota Palembang melalui Walikota Palembang H Harnojoyo SSos yang dengan setiap menjadi Keynote Speech pun pada kesempatan ini tetap antusias menyemangati peserta webinar yang mayoritas warga kota Palembang. “Saya mendukung kegiatan ini sebagai sebuah pencerahan. Bijak gunakan media dan makin cakap digtal Indonesia. Saya sebagai Walikota Palembang sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah dimulai pada Mei 2021 dan berakhir hingga Desember 2021 mendatang,” ujarnya.

Webinar ini dibuka moderator dengan dilanjutkan menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar. Selanjutnya dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI.
Lantas keynote speech kedua disampaikan Wali Kota Palembang H Harnojoyo.

Baca:  Media Sosial Sebagai Sarana untuk Belajar Online

Lebih lanjut dalam sesi tanya jawab, moderator mempersilakan empat penanya terpilih untuk menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada keempat narasumber secara berurutan. Karena antusias peserta cukup tinggi untuk bertanya, moderator juga memilih enam penanya lagi untuk berkesempatan mendapat hadiah langsung berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp 100 ribu.

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel membenarkan bahwa webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel diikuti secara daring oleh 868 orang peserta dari mahasiswa dan pelajar. “Terima kasih atas kepercayaan masyarakat untuk selalu menjadi peserta pada webinar yang kami selenggarakan ini. Mudah-mudahan di webinar selanjutnya, masyarakat masih tetap setia menjadi peserta dalam rangka pencerahan dalam program Webinar Nasional Literasi Digital Kemenkominfo 2021 khususnya di kota Palembang,” ujar Suryati, Selasa (5/10).

Selanjutnya, webinar Literasi Digital Kemenkominfo RI akan digelar kembali pada Rabu 6 Oktober 2021 pukul 09.00 -12.00   dengan tema “Media Sosial sebagai Sarana untuk Belajar Online” dengan menghadirkan narasumber di antaranya Dr. Desi Rahmawati, M.Pd ( Akademisi Bid.Manajemen Pendidikan), Dr (C) Rr Vemmi Kesuma Dewi, Mpd (Akademisi Bid.Pendididikan dan Praktisi Pendidikan Ramah Anak), Fauzy, S.Pd., M.Si. (Kepala SMA Pusri Palembang) dan Ermini, S.H., M.M (Dosen Universitas PGRI Palembang). Pendaftaran melalui tautan : https://s.id/lidigpalembang6oktober, Link Zoom: https://us02web.zoom.us/j/6450392706. #osk

 

 

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...