Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Miniatur Demokrasi Indonesia, Melalui E-Pilketos SMAN 6 Palembang

Masa kepengurusan  Osis SMA Negeri 6 Palembang  periode 2020-2021 akan segera berakhir. Untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Osis periode 2021-2022, dilakukan persiapan dan membentuk kepanitian untuk mengawal proses pemilihan ketua OSIS yang baru. (BP/IST)

Palembang, BP- Masa kepengurusan  Osis SMA Negeri 6 Palembang  periode 2020-2021 akan segera berakhir. Untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Osis periode 2021-2022, dilakukan persiapan dan membentuk kepanitian untuk mengawal proses pemilihan ketua OSIS yang baru.

Tahapan pemilihan ini dikoordinir oleh Panitia khusus yang bernama Komisi Pemilihan Pengurus Organisasi (KPPO)  pembentukan panitia khusus ini melalui tahapan yang cukup ketat.

Siswa yang berkeinginan menjadi panitia KPPO harus melalui beberapa tahapan yaitu mulai dari tes dan wawancara dengan Wakil Kesiswaan yang bertujuan untuk mengetahui kesungguhan dan komitmen calon panitia KPPO  dalam melaksanakan tugas.

Dari hasil wawancara  didapatkan 7 Panitia KPPO, dari ketujuh panitia terpilih Ahmad Rifqy sebagai ketua KPPO.

Selanjutnya KPPO membuat jadwal dan tahap pemilihan untuk memilih calon ketua osis yang baru.

Baca:  SMAN 6 Palembang Akan Vaksin 320 Pelajar

Berdasarkan jadwal yang telah dibuat  KPPO maka dimulailah proses  perekrutan calon ketua OSIS. Pengumuman untuk bakal calon diumumkan dan disosialisasikan lewat media sosial Instagram, line KPPO, dan disiarkan di Radio Syiar Smanam, untuk mendaftar ke KPPO.

“Calon ketua Osis yang memenuhi syarat dan  telah mendaftar harus melakukan tahapan wawancara dengan pembina MPK, Pembina Osis dan wakil kesiswaan. Banyak hal yang harus mereka jelaskan sehubungan dengan pencalonan mereka termasuk dukungan orang tua yang menjadi dasar kelanjutan kesungguhan mereka. Tanpa dukungan orang tua tentu saja akan menghambat totalitas mereka nantinya untuk memimpin organisasi OSIS” kataAhmad Rifqy sebagai ketua KPPO, Jumat (1/10).

Selanjutnya  KPPO melakukan kunjungan ke rumah calon Ketua Osis untuk memastikan sampai sejauh mana orang tua xalon ketua mensuport keinginan anaknya untuk menjadi ketua organisasi yang besar di SMA negeri 6 Palembang.

Baca:  SMAN 6 Palembang Akan Vaksin 320 Pelajar

Calon Ketua Osis akan menyampaikan orasinya di depan warga sekolah, orasi dilaksanakan secara blended yaitu secara zoom untuk peserta didik yang berada di rumah dan secara langsung untuk peserta didik yang berada di sekolah.

Kegiatan ini pun disiarkan secara langsung di link youtube dan Radio Syiar SManam. Hal ini dilakukan agar semua warga sekolah mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan kualitas dan kemampuan para calon ketua Osis dari orasi yang disampaikan serta nanti dapat menentukan pilihan yang tepat.

Setelah Orasi dilanjutkan pemilihan E-Pilketos, pemilihan dilakukan dengan cara mengisi link google form, link google form dibagikan kepada semua warga sekolah, baik peserta didik, guru ataupun para pegawai di lingkungan SMA negeri 6 Palembang.

Setelah mengisi google form tahapan selanjutnya KPPO melakukan penghitungan suara dari hasil pengisian formulir google link dan menghitung jumlah suara yang memilih masing masin calon yang menjadi kontestan pemilihan ketua osis.

Baca:  SMAN 6 Palembang Akan Vaksin 320 Pelajar

“Setelah terpilih ketua Osis yang baru selanjutnya akan dilaksanakan  pelantikan ketua Osis terpilih, pelantikan direncanakan tanggal 25 Oktober 2021 nanti “ujar Ahmad Rifqy.

Fir Azwar, S.Pd.,M.M selaku  Kepala sekolah SMAN 6  mengatakan, pemilihan Ketua Osis ini adalah pembelajaran demokrasi yang telah dilakukan oleh sekolah terhadap semua warga sekolah, terutama bagi peserta didik proses ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi anak sebagai pembelajaran langsung tentang system demokrasi.#osk

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...