Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Pemkot Palembang Wacanakan Tiap Daerah Miliki TPS Konsep 3R

Palembang, BP – Guna mengoptimalkan sampah menjadi bahan ekonomis, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang wacanakan tiap daerah memiliki tempat pengelolaan sampah yang menggunakan konsep 3R atau reduce, reuse, recycle.

Hal itu disampaikan Wali Kota Palembang, Harnojoyo, saat meninjau tempat pengelolaan sampah 3R di Kelurahan Selayur, Kecamatan Kalidoni Palembang, Rabu (29/9).

Harnojoyo meyakini dengan hal itu maka volume sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) akan berkurang signifikan.

“Jika tiap kelurahan memiliki tempat pengelolaan sampah dengan konsep 3R, tentu akan mengurangi pembuangan di TPA yang mencapai 3 ton per hari,” kata Harnojoyo,

Ia mengungkapkan dengan penerapan 3R sampah yang dikelola akan bernilai ekonomis bagi masyarakat.

Konsep ini juga sudah diterapkan di Kelurahan Selayur, dan dapat membuat pengelolaan sampah lebih berguna dan bermanfaat.

“Kami tentunya berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat terkait dengan perubahan tempat ini yang tadinya tempat sampah, sekarang sudah menjadi rapi, bersih, dan bermanfaat,” ujar Harnojoyo.

Sementara itu, Vice President CSR PUSRI Palembang, Heri Suharsono, mengatakan tempat ini merupakan wujud dari dukungan dari PT Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) Palembang melalui penyaluran dana CSR sebesar kurang lebih Rp 200 juta.

“Kami memfasilitasi pengelolaan ini meliputi sarana dan prasarana, peralatan, air, listrik, teknologi pembuatan pupuk organiknya, serta pembakaran plastiknya agar tidak menimbulkan polusi,” katanya.

Tidak hanya sebagai tempat pembuangan sampah, namun Heri menuturkan sampah yang sudah dipilah dikelola dan diolah.

Hal itu dilakukan untuk menghasilkan hal-hal yang bermanfaat seperti dijadikan pupuk organik, anorganik, conblock (bata beton), serta plastik yang diolah menjadi biji plastik kembali. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...