Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Pelayanan Administrasi Kependudukan di Palembang Mulai Dilakukan Tatap Muka

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, Dewi Isnaini, Selasa (28/9). (BP/IST)

Palembang, BP – Status Kota Palembang yang saat ini berada di level dua membuat Pemerintah Kota Palembang mulai melakukan pelayanan Administrasi Kependudukan secara tatap muka.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, Dewi Isnaini, Selasa (28/9).

“Sekarang sudah mulai pelayanan tatap muka, tapi tetap dengan protokol kesehatan. Pemohon yang datang untuk mengurus tidak begitu ramai karena sekarang pelayanan bisa didapati di UPTD kecamatan-kecamatan,” kata Dewi.

Ia mengatakan, ada peningkatan untuk pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dimana pada tahun lalu tercatat ada 11 ribu per bulan sedangkan tahun ini ada 14 ribu per bulan.

“Pengurusan identitas nama, perubahan status, domisili. Contohnya, kasus perceraian meningkat, jadi status KTP otomatis juga diubah oleh pemohon,” jelasnya

Lebih lanjut, Dewi menuturkan permohonan akte kematian juga meningkat.

Berdasarkan data tahun 2020, ia mengatakan menjadi 4.000 pemohon. Angka ini meningkat jika dibandimgkan data 2018 hanya 2.000 pemohon.

“Termasuk Akta Kelahiran,” katanya.

Dewi mengimbau agar masyarakat dapat melakukan pengurusan KTP, termasuk perekaman e-KTP, Akta Kematian, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga bisa dilakukan di UPTD di 18 kecamatan guna menghindari tumpukan di Disdukcapil.

“Atau bisa juga mengurus ke mal pelayanan publik, tapi di UPTD kecamatan sudah lengkap. Bahkan alat perekam e-KTP sudah ada. Untuk saat ini pelayanam di Dukcapil tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, cuci tangan dan tidak berkerumun,” tandasnya. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...