Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

HUT Muba 65, Dukcapil Luncurkan Inovasi Administrasi Keladi

Sekayu,BP–Pelayanan prima terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Muba, kali ini sebuah hentakan dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Muba. Mulai sekarang, masyarakat tidak perlu berlama-lama dalam mengurus adminstrasi. Dengan Inovasi Administrasi Keladi (Administrasi Kependudukan Langsung jadi) dan tagline ‘Duduk Dilayani Tegak Langsung Jadi’ serta ‘Kalau Langsung Jadi Kenapa Mesti PUNGLI’ per

harinya, sebanyak 200an masyarakat terlayani dalam hitungan jam dalam hari yang sama. Mulai dari pendaftaran, perekaman hingga cetak dokumen. Setiap urusan apapun bisa ditunggu dan langsung diproses saat itu juga.

Baca:  Dicegat di Pos Penyekatan Bayung Lencir-Muba, Penyanyi D'Academy Rizki-Ridho Diserbu Wefie

Plt Kepala Disdukcapil Muba Sunaryo SSTP MM, melalui Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Muhammad Soleh Iqbal, S.I.P., M.Si mengatakan, lewat program Keladi ini setiap administrasi langsung jadi.

“Masyarakat cukup menunggu dan duduk saja, nanti petugas yang bekerja dan masyarakat bisa berdiri langsung pulang dengan membawa dokumen kependudukan yang diperlukan,” kata Iqbal, Senin (20/9/2021).

Semisal, tambah dia, masyarakat ingin mengurus akta, maka untuk mendapatkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) langsung melalui pelayanan terintegrasi.

Baca:  Pemkab Muba Terima 34 Sertifikat Tanah, Tahun Ini DRA Targetkan Rampung

“Jadi merekam KTP-el langsung jadi hari itu juga tidak harus menunggu berhari-hari,” jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya beserta jajarannya juga sedang menggeser pelayanan di Dukcapil ke tingkat Kecamatan dan Desa. Seperti pelayanan loket Dukcapil di Kecamatan, jadi apa yang ada di administrais Keladi akan di terapkan juga di kecamatan.

“Jadi untuk tingkat kecamatan, cetak langsung jadi juga. Hal ini kita lakukan agar masyarakat mengetahui kalau Dukcapil sudah mulai berbenah terkait kualitas pelayanan masyarakat,” terangnya.

Dia mengakaui, pihaknya sangat perlu dukungan dari masyarakat, OPD terkait pelayanan dan rekan-rekan media untuk publikasi dan pengawasan eksternal terhadap pelayanan Dukcapil.

Baca:  Jokowi dan Dodi Reza Bakal Main dalam Film Keberhasilan Hulu dan Hilir Kelapa Sawit untuk Diputar di Dubai Expo

“Progran Keladi dilakukan di pelayanan statis di kantor. Bagi masyarakat yang datang langsung akan merasakan semua layanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil langsung kami layani,” beber dia. #arf

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...