Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Studi Mal Pelayanan Publik, Pemkot Metro Kunjungi Palembang

Palembang, BP – Jajaran Pemerintah Kota Metro, Provinsi Lampung, berkunjung ke Pemerintah Kota Palembang, Jumat (17/9/2021).

Mereka disambut Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa, beserta kepala OPD di lingkungan pemerintah kota, di rumah dinas wali kota Palembang.

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin, mengatakan, selain bersilaturahmi, kunjungan mereka ini untuk belajar terkait mal pelayanan publik (MPP).

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Palembang memilik MPP yang berlokasi di Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Jakabaring.

MPP di Palembang termasuk yang terlengkap di Indonesia. Di sini dilayani pengurusan administrasi dan dokumen.

“Metro ke Palembang jaraknya sekitar tiga jam, lewat tol. Jalan perjalan kami lebih dekat dan cepat. Tidak salah kami memilih Palembang, untuk belajar khususnya terkait sistem pelayanan publik,” ujar Wahdi.

Selain itu, kata Wahdi, Metro dan Palembang punya kesamaan sebagai kota jasa. Ini memungkinkan kedua pihak menjajaki kerja sama terkait pengembangan potensi daerah.

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa, menyambut positif silaturahmi dan kunjungan Wali Kota Metro dan jajaran, yang salah satunya untuk melakukan studi tiru sistem MPP. Mulai dari standar operasionalnya, regulasi dan lainnya.

“Kita harap silaturahmi ini sama-sama saling mengisi, untuk belajar demi kemajuan kedua pemerintah kota,” ujar Dewa.

Dari rumah dinas wali kota Palembang, rombongan Pemkot Metro bertolak ke MPP Palembang di Jakabaring.

Sekadar Informasi, MPP Palembang diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumulo, pada 27 November 2020.

Mal yang dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang, ini dibangun di lahan seluas 2 hektare, hibah dari Pemprov Sumsel.

Sebelum jadi MPP, gedung ini bekas dipakai sebagai Media Center Asian Games 2018.

MPP Palembang memiliki 373 layanan dari 28 instansi yang bergabung yakni, Bank BNI, Bank BRI, Bank Sumsel Babel, PLN, PDAM, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, BPOM, PT Pos, PT Taspen, Pegadaian, Jasa Raharja, Kejaksaan Negeri, Polresta, Samsat, Imigrasi, Kementerian Agama, Ombudsman RI.

Ada pula Kanwil Pajak, ATR/BPN, DPMPTSP Provinsi, PUPR, BPPD Kota dan Provinsi, Kesbangpol dan Disnaker, Disdukcapil, Dinas Arsip dan Perpustakaan, serta Ikatan Arsitek dan PMI.

Hal ini menjadikan MPP Palembang menjadi MPP yang memiliki unit layanan terbanyak dan fasilitas terlengkap se-Indonesia. Di MPP juga tersedia layanan drive thru SIM dan STNK. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...