Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Mari di Coba, Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Palembang, BP – Bawang putih bukan sekadar bumbu dapur yang berfungsi untuk menguatkan rasa dan aroma suatu hidangan. Lebih dari itu, bawang putih juga digunakan untuk pengobatan tradisional. Biasanya, bawang putih dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan jantung dan sistem darah. Masalah kesehatan tersebut di antaranya adalah tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, hingga pengerasan pembuluh darah. Dilansir dari laman alodokter, berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan mungkin disebabkan oleh adanya kandungan allicin. Allicin inilah yang membuat bawang putih memiliki aroma menyengat. Dilansir dari Healthline, (18/9/21), berikut adalah 7 manfaat bawang putih untuk kesehatan yang telah terbukti.

1. Melawan penyakit Salah satu manfaat bawang putih yang terkenal adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Sebuah studi menemukan bahwa suplemen bawang putih yang dikonsumsi setiap hari mampu melawan penyakit pilek hingga 63 persen dibandingkan dengan plasebo.
2. Menurunkan tekanan darah Penelitian pada manusia telah menemukan bahwa suplemen bawang putih memiliki efek yang signifikan terhadap penurunan tekanan darah. Sebuah penelitian membuktikan, 600-1.500 mg ekstrak bawang putih yang sudah tua sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam menurunkan tekanan darah selama 24 minggu.
3. Menurunkan kolesterol Bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi, suplemen bawang putih tampaknya mampu mengurangi kolesterol total sekitar 10-15 persen.
Meski bawang putih memiliki manfaat menurunkan kolesterol jahat, bawang putih tidak memiliki efek yang signifikan untuk meningkatkan kolesterol baik.
4. Mencegah Alzheimer dan demensia Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Efek gabungan yang dimiliki bawang putih, yakni penurun tekanan darah, penurun kolesterol, dan sifat antioksidan membuatnya mampu mengurangi risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia.
5. Mengurangi kelelahan Secara tradisional, bawang putih digunakan untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja. Orang yang mengidap penyakit jantung dan mengonsumsi minyak bawang putih selama 6 minggu mengalami penurunan detak jantung hingga 12 persen dan kapasitas olahraga yang lebih baik.
6. Melindungi dari toksisitas logam berat Sebuah studi selama empat minggu pada karyawan di pabrik aki mobil menemukan, bawang putih berhasil mengurangi kadar timbal dalam darah hingga 19 persen. Ini juga mengurangi gejala-gejala klinis toksisitas, seperti sakit di bagian kepala dan tekanan darah. 7. Meningkatkan kesehatan tulang Suplemen bawang putih mungkin memiliki efek yang menguntungkan bagi kesehatan tulang wanita. Sebuah studi pada wanita menopause menemukan, dosis harian ekstrak bawang putih kering secara signifikan menurunkan penanda defisiensi estrogen. #rid

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...