Ultimate magazine theme for WordPress.

Tingkatan Kesejahteraan Keluarga, Pemkot Himbau Warga Palembang Untuk Ber-KB

Palembang, BP – Guna meningkatkan kesejahteraan keluarga. Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan tberupaya meningkatkan kesadaran warga setempat mengikuti program keluarga berencana (KB).

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Rabu (15/9).

“Kesadaran warga untuk mengikuti program KB perlu ditingkatkan karena manfaatnya cukup besar, tidak hanya mendukung pemerintah mengontrol dan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk tetapi juga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Untuk meningkatkan kesadaran warga ber-KB, petugas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Palembang mengintensifkan sosialisasi program dan pelayanan KB di kawasan permukiman penduduk.

Baca Juga:  UMK Palembang Naik 11 Persen

Selain itu, melakukan edukasi mengenai manfaat mengikuti program KB seperti bisa menekan angka kematian ibu dan bayi akibat hamil di usia yang terlalu muda atau terlalu tua, atau akibat penyakit sistem reproduksi.

Selain itu, menekan jumlah penduduk serta menyeimbangkan jumlah kebutuhan dengan jumlah penduduk, karena laju pertumbuhan penduduk di negara ini tergolong cukup tinggi.

Baca Juga:  Aksi Sandi Melawan Begal Sadis

“Warga bisa memilih beberapa kontrasepsi atau alat yang digunakan dalam program KB untuk mencegah kehamilan sehingga pertumbuhan penduduk terkendali,” ujarnya.

Fitri menjelaskan program KB di “Bumi Sriwijaya” ini pada masa pandemi COVID-19 dua tahun terakhir berjalan sesuai target.

“Sebagai gambaran program sejuta akseptor yang dicanangkan pemerintah pada tahun lalu bisa tercapai sesuai target 100 persen,” kata dia.

Baca Juga:  Tes Kemampuan Membaca Al-Qur’an oleh Belajariah di SMP Pusri Palembang

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Palembang Edwin Effendi menambahkan dalam kondisi pandemi sekarang ini.

Ia mengatakan pihaknya tetap berupaya menjalankan program KB seperti biasanya dengan menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi penularan Covid-19.

“Untuk melakukan pelayanan KB kepada warga Palembang yang tersebar di 18 kecamatan, pihaknya berupaya mengembangkan “Kampung KB” dan mengoptimalkan fungsi puskesmas di sekitar permukiman penduduk,” pungkasnya. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...