Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Pemkot Palembang Lanjutkan Pembangunan di Pulau Kemaro, Vebri Al Lintani: “Jangan Buru-buru, Kalau itu Belum Clear”

BP/IST
Vebri Al Lintani

Palembang, BP- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang kembali mengembangkan kawasan wisata Pulau Kemaro yang akan diselesaikan Desember 2021.

Namun Juru bicara Aliansi Masyarakat Peduli Pulau Kemaro (AMPPK) , Vebri Al Lintani mengingatkan pihak Pemkot Palembang untuk menyelesaikan dulu soal status tanah Pemkot Palembang di Pulau Kemaro.

“ Clearkan dulu, itu khan belum clear, kalau belum clear akan munculkan masalah,”katanya, Minggu  (12/9).

Selain itu tuntutan pihaknya tentang Benteng Pertahanan Kesultanan Palembang Darusaalam di Pulau Kemaro juga harus dipikirkan jangan cuma di bangun Islamic Center.

“ Aku kira tunda dululah, jangan buru-buru, kalau itu belum clear, Pulau Kemaro masih dalam sengketa, nanti muncul masalah baru, apakah boleh misalnya  APBD kota Palembang itu  dibangunkan di tanah yang bukan tanah mereka, masak dana APBD digunakan di tanah  yang masih sengketa,” kata mantan Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP).

Seharusnya menurut Vebri,  pihak Pemkot Palembang harus bijak  dalam mengambil sikap.

“ Kita minta Pemkot itu berpikir arif, berpikir bijak , jangan mencontohkan  hal-hal yang tidak benar,  di masyarakat sudah cukup sering misalnya  ada kejahatan tanah  semacam itu, lho kok Pemkot mempelopori itu ,” katanya.

Menurutnya jika nanti clear soal tanah Pemkot Palembang di Pulau Kemaro atau setidaknya mendapat restu dari zuriat Kiai Marogan  dipersilahkan saja.

“ Tapi ini restu belum ada,” katanya.

Selain itu pertemuan Walikota Palembang H Harnojoyo dengan zuriat Kiai Marogan di Rumah Dinas Walikota Palembang beberapa waktu lalu menurutnya tidak ada keputusan apapun yang dihasilkan.

Sedangkan Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Ahmad Bastari mengatakan, Lahan pemkot seluas 5 hektare dengan dana lebih kurang Rp 3,5 M akan dikembangkan destinasi wisata seperti Islamic Centre, Agro Wisata, Permainan Air, Olahraga, Outbound ruang terbuka publik.

“Untuk pengembangan destinasi wisata Pulau Kemaro ini sudah dipersiapkan pelaksanaan pembangunan dinding penahan (Bronjong) dan area pantai,” kata Ahmad Bastari kepada wartawan , Sabtu (4/9).

Dikatakannya, persiapan pembangunan dan pengembangan wisata sudah dilakukan.

“Kita targetkan pengembangan destinasi wisata Pulau Kemaro akan diselesaikan pada bulan Desember tahun 2021,” ujar Ahmad Bastari.

Lanjutnya, soal pengelolaan di Pulau Kemaro milik zuriat Kiai Marogan belum diketahui.

“Tetapi, hasil koordinasi kita dengan zuriat sudah menyetujui dalam pengembangan destinasi Pulau Kemaro ini,” katanya.#osk

Baca:  Walikota Palembang Pastikan Urusan Lahan Pemkot di Pulau Kemaro Sudah Clear
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...