Ultimate magazine theme for WordPress.

Internet Seluler Indonesia Terlelet Nomor 2 Se-ASEAN

Ilustrasi. (BP/IST)

Palembang, BP – Koneksi internet seluler atau mobile kini banyak diandalkan orang-orang untuk berselancar di internet. Soal ini, Indonesia tenyata berada di posisi bawah di antara negara-negara lain di ASEAN.

Menurut laporan penyedia layanan benchmarking kecepatan internet Speedtest, milik Ookla, median kecepatan unduh internet seluler Indonesia kedua paling lambat alias lelet se-ASEAN.

Laporan yang didasarkan pada data Speedtest Intelligence untuk kuartal-I 2021 dan kuartal-II 2021 itu menyebutkan bahwa median (nilai tengah) kecepatan download internet mobile di Indonesia hanya sebesar 14,78 Mbps.

Angka tersebut hanya unggul sedikit dari Kamboja di posisi akhir sebagai negara dengan kecepatan unduh paling lambat se-ASEAN, dengan kecepatan unduh sebesar 13,96 Mbps.

Kabar baiknya, meski menempati posisi nomor dua paling bawah, sebenarnya kecepatan download melalui koneksi internet seluler di Indonesia menunjukkan peningkatan selama satu tahun terakhir ini.

Speedtest mencatat, ada kenaikan sebesar 4,23 Mbps dalam median kecepatan unduh internet mobile di Indonesia, dari 10,55 Mbps di kuartal II-2020 menjadi 14,78 Mbps di kuartal II-2021.

Sementara itu, predikat negara dengan kecepatan donwload mobile paling ngebut se-ASEAN dipegang oleh Singapura, dengan median kecepatan unduh  sebesar 52,42 Mbps. Sementara di posisi kedua ada Brunei dengan median kecepatan download 47,02 Mbps.

Bila dibandingkan, median kecepatan unduh seluler 4G di Indonesia tak sampai sepertiga dari  Singapura dan Brunei. Angkanya juga masih kalah dari lima negara ASEAN lainnya, yaitu Vietnam, Thailand, Laos, Malaysia, dan Filipina.

Speedtest sendiri tak menjabarkan secara spesifik berapa kecepatan unduh masing-masing dari kelima negara ASEAN itu, sementara Myanmar sengaja tidak dicantumkan karena pertimbangan soal situasi politik.
Bila diperhatikan dari grafik yang disertakan Speedtest, Vietnam, Thailand, Laos, Malaysia, dan Filipina memliki median kecepatan download internet seluler dengan rentang di bawah 40 Mbps dan lebih besar dari 14,78 Mbps.

Selain dengan negara ASEAN, Speedtest juga membandingkan kecepatan download seluler 4G Indonesia dengan mitra dagangnya, seperti Korea Selatan dan India.

Hasilnya, kecepatan download melalui koneksi internet seluler di jaringan 4G di Korea Selatan tercatat sebesar 84,12 Mbps, jauh lebih ngebut dibandingkan Indonesia yang hanya 14,78 Mbps.

Namun, seperti yang dilansir dari KompasTekno melaui situs Speedtest, Selasa (7/9/2021), bila dibandingkan dengan India, kecepatan download di Indonesia masih lebih unggul. Speedtest mencatat, India memiliki median kecepatan unduh seluler sebesar 10,56 Mbps. #rid/net

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...