Ultimate magazine theme for WordPress.

Sumsel Cuaca Ekstrem, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Palembang, BP – Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya di wilayah Palembang akhir-akhir ini diterpa hujan deras yang berakibat terjadinya banjir di sejumlah daerah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pada akhir September mendatang wilayah Sumsel masih akan diterpa musim penghujan.

Cuaca ekstrim seperti hujan deras disertai angin kencang dan puting beliung diprediksi akan terjadi di wilayah Sumsel pada saat memasuki musim penghujan nanti.

Kepala Stasiun Klimatalogi Kelas 1 Palembang, Wandayantolis menjelaskan, cuaca ekstrim tersebut akan terjadi selama masa transisi dari musim kemarau ke musim penghujan.

Sementara itensitas hujan normal akan terjadi disaat musim penghujan itu berlangsung.

“Wilayah Sumsel akan memasuki musim penghujan pasa akhir September ini, dan di saat masa transisi Puting beliung, hujan es akan banyak terjadi, sementara ketika sudah masuk musim penghujan akan terjadi hujan yang konstan,” jelasnya, Rabu (08/09).

Ia meminta agar masyarakat Sumsel terkhusus didaerah tinggi dan dekat dengan sungai untuk mewaspadai terjadinya cuaca ekstrim ini.

“Bisa terjadi longsor dan banjir saat hujan deras melanda, kita masyarakat mewaspadai masa transisi ini,” sambungnya.

Selain itu, BMKG juga memprediksi puncak musim penghujan di wilayah Sumsel akan terjadi pada November hingga Desember mendatang. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...