Ultimate magazine theme for WordPress.

Minimnya Fasilitas Membaca, Literasi di Sumsel Rendah

Palembang, BP – Tingkat literasi di Sumatera Selatan (Sumsel) masih rendah.

Terlihat dari masih banyaknya anak yang putus sekolah dan tidak bisa membaca membuat angka buta huruf di Sumsel terbilang tinggi.

Tentunya hal ini butuh penanganan serius dari pemerintah daerah setempat.

Hal itu diungkapkan Duta Baca Sumatera Selatan, Firman Freaddy Busroh, Rabu (8/9).

Firman mengungkapkan, upaya yang serius sangat dibutuhkan untuk menjangkau anak-anak buta aksara yang sebagian besar berada di daerah terpencil, sehingga kondisi ini pun menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yang belum terselesaikan.

Firman mengatakan, sulitnya akses pendidikan dan minimnya fasilitas baca menjadi faktor penyebab masih rendahnya tingkat literasi di Sumatera Selatan.

Kondisi pandemi pun turut membuat masyarakat semakin sulit untuk mendapatkan sarana dan fasilitas pendidikan.

“Di era pandemi seperti saat ini sekolah dibatasi, ini jadi problematika utama juga. Beberapa anak tidak bisa sekolah karena tidak memiliki gadget, kuota (internet-red) atau perekonomian keluarga yang terdampak,” ujarnya, seperti dikutip dari sonora.id, Kamis (9/9).

Menurut Firman, Pemerintah bersama stakeholder terkait perlu membangun sinergi untuk menjangkau anak-anak yang masih belum melek huruf.

Adapun salah satu cara yang dapat ditempuh dengan menyediakan sarana perpustakaan berjalan.

“Kami berharap di setiap kabupaten kota memiliki perpustakaan berjalan sehingga bisa menjangkau ke daerah terpencil. Tidak hanya untuk fasilitas baca anak-anak tapi juga memberikan semangat kepada guru di sana,” tandasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda (STIHPADA) Palembang ini pun mendorong semua pihak untuk lebih proaktif untuk berkontribusi dalam membantu sarana dan fasilitas baca.

“Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat bila memiliki buku yang tidak terpakai untuk disumbangkan kepada anak-anak yang tidak mampu,” pungkasnya. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...