Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Pemprov Sumsel Dapat Pinjaman Tahap Kedua dari PT SMI Rp289 Miliar

Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Mgs Syaiful Padli (BP/IST)

Palembang, BP- DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) kini tengah membahas APBD Perubahan (P) Tahun Anggaran (TA) 2021 di ruang rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumsel.

Dalam  pos penerimaan pembiayaan dalam APBD P TA 2021 terdapat nomenklatur pinjaman daerah .

Dimana  pinjaman tahap pertama  Rp300 miliar yang sudah cair dari PT Sarana Multi Infastruktur (SMI) dan telah masuk dalam APBD Sumsel Induk TA 2021 .

Dan di APBD P TA 2021 pinjaman tahap kedua yang sebesar  Rp 289 miliar lebih ini dimasukkan.

“ Artinya total pinjaman Pemprov Sumsel  di PT SMI ini  Rp590 miliar dan itu tahap pertama Rp300 miliar tidak dikenakan bunga karena ada program dari pusat  untuk membantu penanganan Covid-19 di daerah dan pinjaman kedua ini dikenakan bunga dibawah 5 persen,” kata anggota Banggar DPRD Sumsel Mgs Syaiful Padli ketika ditemui usai rapat pembahasan APBD P  TA 2021 di ruang rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumsel, Rabu (8/9)

Baca:  Komisi IV DPRD Sumsel Tinjau Dua Jembatan Air Golf dan Air Beracung di Pali

Pinjaman ini menurut politisi PKS ini sudah harus dicicil di APBD  induk tahun 2022 kepada PT SMI.

“ Skemanya belum disampaikan kepada kita  yang jelas cicilannya jangan sampai  putus di periodesasi kepada daerah yang berikutnya, artinya dia harus selesai di kepemimpinan pak Herman Deru,” kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel ini.

Syaiful menjelaskan di awal pembahasan soal pinjaman ini di Banggar DPRD Sumsel , Pemprov Sumsel mengajukan pinjaman kepada PT SMI Rp500 miliar  namun di ACC di tahap awal oleh PT SMI Rp300 miliar dan sudah cair dan sudah masuk dalam APBD Induk Sumsel TA 2021.

Baca:  Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri, 2021, Komisi IV DPRD Sumsel Minta Jalan di Sumsel Kondisinya Harus Bagus

“ Tahap dua ini cair Rp 289.048.845.734 dan baru dimasukkan  dalam struktur APBD P tahun 2021, kita belum tahu dana Rp 289.048.845.734 dipakai untuk apa tapi ini dikembalikan ke BPKAD , BPKD ke mitra masing-masing tersebar untuk alokasinya,” katanya.

Setelah  rapat hari ini akan dilanjutkan rapat tingkat komisi di DPRD Sumsel lalu dilanjutkan mengcross cek anggaran yang di bahas di pra anggaran APBD P tahun 2021 dan akan digelar singkronisasi antara pimpinan Komisi DPRD Sumsel dengan banggar DPRD Sumsel.

Baca:  Pengesahan APBD P Sumsel TA 2021 Terancam, Realisasi 7 Item Hibah di Komisi I Tidak di Laksanakan

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas dan Muchendi Mahzareki enggan berkomentar mengenai APBD P Sumsel TA 2021.

“ Karena masih ada pembahasan di tingkat Komisi, sekarang belum final,” kata Muchendi.#osk

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...